MAKNA TAHUN BARU, APAKAH ITU?

Seolah-olah menjadi pengamat facebook dadakan, saya mencermati satu hal dari sebagian besar wall kawan-kawan, yakni terpampangnya ucapan selamat dan kiriman e-card untuk tahun baru yang akan segera datang dini hari nanti waktu perancis. Boleh dikatakan, facebook menjadi lebih meriah.

Saya rasa juga, berbagai pesta, atau peringatan, bahkan sekedar berkumpul dengan kawan-kawan, telah menjadi rencana sebagian besar pihak. Pesta kembang api yang pastinya akan diadakan nun jauh di utara sana, di Menara Eiffel. Sementara, di Montpellier, hanya bar-bar kecil saja yang akan mengadakan pesta topeng dan bir gratis dari tengah malam hingga pukul 1 pagi.

Saya berfikir, sedikit ingatan pada tahun lalu, dimana saya juga berada (diharuskan) ditempat yang sama pada malam tahun baru, yaitu kamar saya yang kecil tapi nyaman. Saya teringat pernah mem-posting sebuah artikel di facebook, adapun link-nya adalah sebagai berikut http://www.facebook.com/note.php?note_id=40979324939.

Tahun ini lebih kurang tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Kewajiban belajar dan mempersiapkan tugas-tugas yang harus dikumpulkan setelah liburan usai, dan stage (internship) yang sudah harus dilaksanakan mulai senin depan, membuat liburan ini terasa setengah-setengah. Seorang kawan, Iccank (http://www.facebook.com/profile.php?id=1547274380&ref=ts), memberikan sebuah julukan “liburan semu”. Tetapi, tidak mengurangi makna liburan itu tersendiri, sebagai mahasiswa, yang berkewajiban, maka selayaknya mampu menempatkan diri untuk tidak terlalu bergelayut dalam liburan, dan melupakan kewajiban untuk belajar.

Jika berfikir lebih jauh lagi, ke belakang, saya sendiri teringat, ketika masih bersama keluarga (sementara saya merantau nih ceritanya), dan ketika saya masih kecil, kami selalu membeli terompet kecil untuk ditiup ketika tahun baru menjelang. Akan tetapi, saya tidak pernah mengerti, makna sebenarnya dari tahun baru. Kemudian, saya jadi berfikir, sebenarnya apa sih tahun baru itu? Apa yang kita rayakan?

Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa puluhan bahkan ratusan dan tergantung pula, dari sisi mana melihatnya. Tapi bagi saya, dalam ingatan masa kecil, makna yang bisa dipikirkan, adalah “waktu berkumpul bersama keluarga, tertawa, dan menghabiskan waktu bersama”.

Yah, apapun makna yang diresapi kawan-kawan semua, tidak mengurangi rasa bahagia merayakan datangnya matahari yang sama di tahun yang berbeda. Melalui note ini, saya mengucapkan selamat menjemput mentari esok (rasanya semua orang akan bergadang ya). Happy new year ! Bonne année !

Riza-Arief Putranto, 31 Desember 2009. Lagi, tahun baru di kamar, seperti tahun lalu.

4 thoughts on “MAKNA TAHUN BARU, APAKAH ITU?

    • halo halo salam kenal juga ^^ makasih, tentu saja.. udh di add kok, sama2.. blogmu juga ok ! udh expert nampaknya..

  1. jadi? udah setahun berapa bulan di Perancis niy? eh, met ganti kalender ya, sukses selalu!🙂
    btw, nama blog terinspirasi drmn? jiwit menjiwit, hehe…

    • udah setahun 4 bulan di perancis.. makasih, sayangnya ga pernah beli kalender disini, hihi, pake laptop ajah ^^ utk nama blog terjiwit eh kok terjiwit, terinspirasi dari seseorang yang suka jiwitin diriku nih, terus, hmm, terpikir, kalo dibuat nama sebuah blog lucu juga, lagi pula mengungkapkan “cubit” dengan “jiwit” lebih terkesan aneh gimana gitu.. ahahaha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s