SENSASI HUJAN ES

Musim dingin di Eropa tahun ini, dikatakan, dalam berbagai media, sebagai musim dingin yang parah. Semua orang tentu setuju, tanpa penekanan kalimat tersebut, bahwa musim dingin tidaklah menyenangkan. Kenapa? Karena berbagai alasan tentunya. Ada yang menyebutkan karena suhunya yang kadang mencapai minus yang membuat tubuh bergetar menggigil tanpa alasan yang jelas. Ada pula yang berujar, karena kerepotan bilamana harus bepergian diwajibkan menggunakan berlapis-lapis pakaian dan jaket tebal. Ada pula yang mengklaim diri alergi dingin dan memutuskan untuk membenci musim dingin seumur hidup. Bahkan, sebuah alasan terakhir yang cukup menggelitik pernah kudengar. Dia mengatakan, bahwa karena selama musim dingin hari terasa pendek dan membuatnya ingin tidur sepanjang hari. Lama-lama aku meragukan bahwa kawanku itu bukanlah beruang yang tidur selama musim dingin.

Namun, tidak sedikit juga dari kawan-kawan yang memiliki pendapat positif mengenai musim dingin. Ada yang berujar, sensasi dinginnya luar biasa, sehingga mengingatkan dirinya bahwa dia masih hidup. Ada pula yang berkata, ini waktu yang tepat untuk bereproduksi (mohon maaf untuk kalimat yang ambigu, saya ambil sebagaimana beliau mengucapkannya ^^). Ada pula yang menunggu untuk melihat salju, oleh karena itu, dibela-belain membeli jaket tebal walau harus merogoh kocek lumayan dalam. Ada pula yang memang senang olahraga ski (madame, madame, je fais du sekyyyy… ujar salah seorang kawan dengan logat daerahnya).

Lalu, bagaimana dengan diriku sendiri? Aku sendiri, menyukai, musim dingin. Kenapa? Sederhana saja, aku menyukai sensasi hujan es yang menimpa tubuhku. Entah kenapa, aku suka itu. Sehingga tahun kemarin, aku banyak bepergian ke daerah-daerah dimana hujan es banyak terjadi (biasanya hujan es terjadi terlebih dulu sebelum salju). Butir-butiran es sebesar kerikil itu, memberikan nuansa bunyi yang berbeda di jaket atau payung yang tertimpa. Sayangnya, baru pagi ini, aku bisa merasakan sensasi tersebut di kota Montpellier, dimana, kota ini diklaim sangat jarang memuntahkan salju dari langitnya. Ya, Montpellier terletak di selatan Perancis, dekat dengan Spanyol yang merupakan negara hangat.

Menurut Wikipedia Indonesia, hujan es disebut juga “hail” dalam ilmu meteorologi, yang terbentuk karena adanya presipitasi bola-bola es. Kondensasi uap air dingin yang melewati atmosfir lapisan atas pada level beku (freezing level) membuat fenomena tersebut dimungkinkan terjadi. Proses tersendiri yang menyebabkan hujan adalah “riming”, dimana uap air dingin tertarik ke permukaan benih-benih es, diikuti pengembunan mendadak.

Nah, tanpa mengurangi kesukaan atau kebencian masing-masing terhadap musim dingin, mari kita lewati musim dingin tahun ini dengan kehangatan ceria, tawa dan canda. Walaupun dingin, bukan berarti kita harus membeku bukan?

Riza-Arief Putranto, 8 Januari 2010. Sensasi hujan es yang menyegarkan !

6 thoughts on “SENSASI HUJAN ES

  1. di korea barusan ada badai salju… tebel banget saljunya skrg niy & duingiiin. btw, pas banget ya aku bbrp hari yg lalu baru tulis ttg terjadinya salju dan hujan es. nengok ya ke blogku, sekalian singgah, jangan di perancis mulu, haha.

    • haha, entah kenapa senang melihatnya, mau badai atau apa lah ^^ hepi2 saja.. haha, gitu ya, boleh akan kutengok tentu saja.. maaf sering tengok tapi ga tinggalin jejak ^^ maklum lebih suka kaya ninja…

  2. Wah kapan Indonesia ono musim salju yoo?
    Mungkin nunggu perubahan iklim koyo nggon film ‘The Day After tomorrow’ kae yo.

    Tapi gara2 musim dingin Eropa,.pertandingan liga inggris banyak ditunda yoo,.
    Yo rapopo,.paling ora pertandingan Juve milan tetep berjalan dan puas!!

  3. tulisannya bagus mas..bikin ngiri mahasiswa2 indonesia yg g punya ksempatan kluar negeri seperti saya ini..hiks..ditunggu cerita2 lainnya mas..biar ketularan seneng..haha

    • makasih. sebenarnya jangan bilang ‘tidak punya kesempatan’, tapi lebih cocok ‘belum berkesempatan’. menurut saya kesempatan selalu ada, insyaallah, selalu berjuang saja.. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s