IT’S ALWAYS ABOUT TIMING

It’s always about timing, dalam hidup. Begitu simak saya, ketika memahami sebuah film dibuat sekitar tahun 1997, berjudul “Made of Honor”. Boleh saja, orang mengatakan saya menonton film “cheesy” (red. murahan). Saya sendiri berfikir demikian ketika memutuskan untuk men-download film ini. Tetapi, benar dugaan saya, film ini mampu membuat saya berfikir tentang banyak hal.

Pada intinya, cerita film tersebut adalah tentang seorang pria yang “playboy”, dan memiliki seorang sahabat wanita. Pria ini melewatkan masa dengan bangga menyandang statusnya tersebut, tanpa mengurangi kebahagiaannya melewatkan waktu bersama sahabatnya tersayang. Namun pada suatu ketika, sang pria menyadari bahwa ketika sahabatnya tidak berada didekatnya, kebetulan pergi ke suatu tempat nun jauh selama beberapa bulan, dia tidak merasa bahagia, betapapun dia mengencani banyak wanita.

Akhirnya, sang pria menyadari bahwa cinta sejatinya ada di hati sahabatnya, dan begitu pula sebaliknya. Tetapi, sepulang dari tempat nun jauh tersebut, sang pria yang sudah bersiap menyambut dengan ucapan “I want to live with you for the rest of my life” dan seikat bunga tulip, dikejutkan dengan pengenalan seorang lelaki oleh sahabatnya. Lelaki tersebut sudah terlebih dahulu melamar sahabat sang pria. Disini, sang pria yang sangat terkejut, tidak mampu berbuat apa-apa selain diam.


— living based on good timing is a nice thing to do —

Saya, tidak akan melanjutkan cerita film tersebut, karena tulisan ini bukan sinopsis dan saya tidak dibayar untuk mengiklankan film tersebut. Apa yang ingin saya kemukakan adalah, bahwasanya dalam hidup ternyata betapa penting mengambil keputusan di saat yang tepat. Seperti saya ungkapkan diatas, it’s always about timing.

Saya kemudian teringat betapa banyak hal yang “membangun” saya hingga seperti sekarang ini, yang semuanya terbentuk karena pengambilan keputusan di saat yang tepat. Dalam apapun yang kita lakukan di kehidupan sehari-hari, karir, studi, dan lain-lain, timing adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar. Walau terkadang, kita berbuat kesalahan dengan tidak berada di waktu yang tepat, tetapi semua itu mengajarkan kepada kita untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut atau menerima dengan lapang dada.

Terlebih, ketika saya berusaha mencari sebuah ide untuk dibagi, saya mendapatkan ide tersebut dari sebuah film, yang bahkan tidak saya pikirkan sebelumnya. Memang waktu yang sudah tepat untuk film tersebut membuat saya menulis.

Saya rasa, banyak hal yang sesuai dengan timing kita masing-masing yang membentuk skema kehidupan kita setiap harinya. Datang pagi hari di kampus, sehingga bertemu dengan professor misalkan, sehingga saya tidak perlu mengejarnya lagi (red. note “TAKKAN LARI PROFESSORKU KUKEJAR”), contohnya. Atau, menyegerakan berfikir ketika pagi menjelang, sehingga hari-hari menjadi lebih produktif. Seperti sebuah pepatah mengatakan, “bangunlah pagi, sehingga rezekinya tidak dipatok ayam”.

Jadi, mungkin sebuah usaha sederhana untuk memberikan kesan benar dalam kehidupan sehari-hari kita.

Sebuah ajakan sederhana :

Mari awali hari dengan timing yang tepat…

Riza-Arief Putranto, 24 januari 2010.

4 thoughts on “IT’S ALWAYS ABOUT TIMING

  1. wah bung riza ini sepertinya bukan seorang kaskuser seperti jeng tikeu ataupun saya. hehe. sekedar tambahan bung, timing ini juga dibahas sekilas dalam buku karangan malcom gladwell berjudul “BLINK”, atau sering dia bahas dengan istilah time slicing dan berkaitan pula dengan snap judgment.
    bahwa penentuan timing yang tepat dengan didasari oleh pengalaman untuk menentukan sesuatu akan membawa dampak baik dalam apapun efek dari keputusan itu. yang harus kita lakukan hanyalah rajin-rajin mengasah kemampuan kita untuk membaca situasi dan berlatih snap judgement berdasarkan pengalaman dan teori-teori pendukung yang telah kita bangun sebelumnya.

    hehe, maaf sudah lancang mengintip blog anda, semoga berkenan dan tidak keberatan yaa…

  2. hai salam kenal. saya juga suka buku “blink” itu. bagus memang, dan benar sekali opininya, melatih kemampuan membaca situasi itu penting.. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s