RUMAH EKSPRESI

Punyakah anda rumah ekspresi ? Pertanyaan saya kepada semua orang. Saya kira, pada masa sekarang ini dengan teknologi internet yang sudah semakin tak terbendung, hampir sebagian besar orang mengenal media-media jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Hi-Five dan lain sebagainya. Bahkan belum lama berselang telah dilangsungkan Pesta Blogger 2010 yang menandai bahwa blog merupakan salah satu media yang banyak digemari.

Digemari dalam hal apakah ? Maksud saya adalah, semua yang saya sebutkan diatas merupakan “rumah ekspresi”. Setiap orang membutuhkan media untuk berekspresi, membuktikan kebenaran manusia sebagai makhluk sosial.

Memang sebagian orang termasuk tipe pendiam, tetapi saya tidak yakin mereka tidak membutuhkan rumah ekspresi. Saya mencontohkan adik kandung saya, seseorang yang sangat pendiam. Saya tidak pernah melihat dia berkicau kecuali ketika runtutan kata dan kalimat itu masuk ke dalam blog miliknya (http://bagus-167.blogspot.com/).

Dan saya, termasuk yang membutuhkan rumah ekspresi tersebut. Selalu belajar untuk menyempurnakan kata-kata, memilih dan memilah, hingga dihadirkan dalam bentuk yang menyenangkan. Jujur terkadang kagum dengan cara beberapa kawan saya menampilkan blog mereka dan bagaimana mereka bercerita.

Menulis merupakan salah satu latihan berekspresi yang baik. Saya pernah mendengar kalimat ini diucapkan Dee Lestari, penulis Supernova. Sejumlah kalimat tersusun lebih rapi. Sejumlah ide tersirat mengundang interprestasi masing-masing.

“Gw jg pgn pnya rumah ekspresi euy…” ujar seorang sahabat sore tadi. Lalu bagaimana dengan anda ?

Riza-Arief Putranto.

10 thoughts on “RUMAH EKSPRESI

  1. Aku juga punya rumah ekpresi om.. tempat aku mau menceritakan apa yg aku alami.. dan aku suka itu.. jadi kenal banyak teman dan belajar menulis dengan baik.. satu mimpiku, menjadikan blogku sebagai tempat tukar pikiran tentang apapun..

Leave a Reply

