KENALI PENTINGNYA ALTERNATOR MOBIL

Saya memiliki kendaraan berupa Toyota Starlet ’94. Selama saya pakai, tidak pernah ada masalah dengan mobil ini. Starter selalu lancar dan jarang mogok. Saya selalu bertanya-tanya sejatinya jikalau mobil ini bisa dikendarai keluar kota. Kenapa saya meragukan itu ? Saya termasuk pria yang menyukai bongkar-bongkar tapi tidak terima pasang. Beberapa kali saya mencoba mengenali komponen-komponen dalam mobil seperti mesin, aki, pengatur kipas dan lain sebagainya. Melihat kondisi komponen-komponen tersebut yang menurut saya sudah ‘uzur’, timbul keraguan jika si roda empat ini dapat melaju dengan kencang dan stabil. Ternyata, tua-tua keladi makin tua makin jadi berlaku untuk mobil ini.

Dua hari yang lalu, saya sedang melaju di tengah kota Yogyakarta. Tiba-tiba indikator aki dalam dashboard menyala. Apa artinya ? Indikator aki menyala dapat berarti beberapa hal. Pertama, kemungkinan air aki harus diisi kembali. Kedua, bisa saja terjadi ketidakseimbangan proses kelistrikan di dalam mobil yang bisa disebabkan oleh kebocoran aki. Ketiga, aki tidak mengalami recharge (ketika mobil dalam keadaan mesin hidup, aki akan mengalami pengisian daya atau recharge secara berkesinambungan).

Malangnya, saya tidak mengindahkan indikator tersebut, karena memang saya masih agak awam serta karena saya sering menjumpai error sign selama menggunakan mobil tersebut. Alhasil saya memaksakan diri pergi ke luar kota menuju Magelang, melewati jalan kabupaten pada malam hari. Benar saja, di tengah perjalanan mobil saya mati. Starter mobil tidak mau hidup. Saya tidak begitu panik karena memang sempat sudah menduga hal ini akan terjadi. Beruntung, mesin mobil mau hidup sekali dan saya berhasil memaksakan mobil saya jalan tetapi lampu jalan dan lampu sens tidak dapat hidup. Saya berada di daerah pedesaan yang gelap gulita di dalam sebuah mobil tanpa cahaya. Cukup menegangkan juga perjalanan saya ini. Berbekal lampu senter saya mencoba menerangi jalanan dan memberikan sinyal kepada kendaraan dari arah berlawanan. Alhamdulillah, saya selamat sampai di perjalanan dan mesin mobil mati kembali.

Lalu ? Apakah yang sesungguhnya terjadi ?

Indikator aki yang menyala sedari siang tersebut sebenarnya adalah tanda kemungkinan ketiga, yakni aki tidak mengalami recharge sehingga kehilangan daya. Saya mendapatkan pengalaman berharga untuk tidak meremehkan aki mobil. Semua sistem kelistrikan mobil termasuk starter sangat tergantung pada aki, sehingga tanpa itu mobil tidak dapat dinyalakan. Berbeda dengan motor yang tidak hanya menggunakan sistem aki untuk menyalakan mesin, sehingga motor tidak bergantung pada aki. Tanpa aki, motor masih bisa jalan.

Lalu? Lalu? Kenapa bisa tidak recharge ?

Esok paginya, mobil saya masuk bengkel. Dibantu oleh seorang montir berpengalaman, saya dijelaskan mengenai hal tersebut. Aki mobil saya tidak apa-apa. Tidak ada masalah. Ternyata diujung sistem recharge saya mengenal komponen baru mobil bernama alternator. Apakah itu? Sistem pengisian pada kendaraan mempunyai 3 rangkaian komponen penting yaitu aki, alternator dan regulator. Alternator sendiri terdiri dari komponen-komponen seperti gabungan kutub magnet yang dinamakan rotor, yang didalamnya terdapat kumparan kawat magnet yang dinamakan statorAlternator berfungsi untuk menghasilkan listrik/pembangkit listrik ketika mesin dihidupkan untuk disalurkan ke aki dengan mengkonversi / mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC. Sedangkan regulator punya fungsi sebagai alat pengatur dan pembatas voltase yang terdiri dari sebuah rangkaian dioda yang dinamakan rectifier serta dua kipas dalam (internal Fan) untuk menghasilkan sirkulasi udara.

Jadi, sudah jelas pokok permasalahannya. Alternator mobil saya tidak menyalurkan energi listrik ke aki yang membuat aki kehabisan daya atau lebih keren dengan istilah ‘aki tekor’. Saya mengamati dengan seksama ketika montir membuka alternator tersebut. Ternyata komponen-komponen di dalamnya cukup rumit (lihat gambar). Permasalahan alternator saya ada pada regulator (IC-built in) yang sepertinya sudah aus sehingga alternator tersebut tidak berfungsi dengan benar. Setelah IC tersebut diganti dengan yang baru, mobil saya kembali memiliki daya dan indikator aki di dalam dashboard saya tidak lagi menyala. Permasalahan terpecahkan.

Informasi lebih lanjut silahkan klik :

http://panjimitiqo.wordpress.com/2010/05/19/memahami-fungsi-alternator-mobil-anda/

http://oldsite.situsotomotif.com/tips-perawatan-plus/perawatan-mobil/memahami-fungsi-alternator/.

Riza-Arief Putranto. 24 Desember 2010.

6 thoughts on “KENALI PENTINGNYA ALTERNATOR MOBIL

  1. Pengalaman yg ga enak, yaa Mas. Starletku jg demikian. Ga pernah rewel. Tp sekarang setelah gantib aki br,malah lampu dashboard aki menyala. Trus kotak-katik kabel, sekering dan kabel yg lain. Malah semua lampu dasboar mati. Rem tangan, aki, minyak dan indikator bensin. Tapi di starter mesin hidup. Lampu sein semua lampu nyala. Itu kenapa ya? Tks. Sharingnya.

    • Iya memang ga enak, tetapi banyak pengalaman didapat. Ganti aki dan rewel kabel? Ada beberapa kemungkinan sih :
      – Aki-nya bocor, coba dicek apakah ada kompartimen yang bocor sehingga membuat kinerjanya tersendat.
      – Kemungkinan kelistrikan yang inbalance, bisa dicek setiap sekering di fuse box starlet, di sebelah atas kotak aki. Kenyataannya mesin masih bisa menyala. Nah, cek kelistrikan kalo kita tidak terampil akan sulit, memang sebaiknya diperiksakan ke bengkel.
      Semoga membantu🙂

  2. Kemarin Starlet 95 saya ganti IC juga mas. Alhasil lampu tetap nyala neh (indikator aki dan rem nyala) knapa ya? Kebetulan saya di Jogja…minta rekomendai bengkel yang yang mas Riza pakai untuk bengkel starletnya ya….nuwun. Budi/08156896435

    • Mas Budi tinggal di Jogja sebelah mana? Jika tidak terlalu jauh, bengkel langganan saya ada di Bengkel Heri. Bisa kontak disini 0816680225.

  3. kasus sama denngan sy mz ganti pengisian aki tp yang sy heran kan meteran bensin mati sampe sekarang malah sekarang aki juga soak klo parkir 1 malam gak bs di stater apa pengaruh ganti IC ke perangkat lain mas mobil sy starlet jg apa ada pengaruh lain bengkel yang pas bwt starlet saya ke bengkel dinamo apa bengkel mesin mas? maaf mengganggu

    • Mas Agus, sepertinya bisa saja pengaruh IC tuh. Jaringan kelistrikan mobilnya ada yang bocor. Coba ke bengkel dinamo dulu saja mas, sepertinya bukan perkara mesin. Semoga membantu🙂

Leave a Reply

