Call for papers : Olimpiade Karya Tulis Ilmiah (OKTI) PPI Perancis 2011

PPI Perancis 2010/2011 yang didukung oleh KBRI untuk Prancis dan Kepangeranan Andorra dan Monaco dan Ikatan Alumni Prancis Indonesia (IAPI) bermaksud mengadakan kembali sebuah program dua tahunan, ”Olimpiade Karya Tulis Inovatif (OKTI II /  2011”. Program kerja yang pertama kali di selenggarakan pada tahun 2009 ini dimaksudkan untuk menjadi wadah karya kolektif pemikiran para pelajar Indonesia yang berada di luar negeri. Dengan mengusung tema ”Sinergi karya multidisipliner mahasiswa indonesia di luar negeri dalam rangka mendukung pembangunan Indonesia”, kami berharap mampu kembali memberikan sumbangsih nyata dalam rangka mendukung pembangunan Indonesia.

Peserta OKTI II/2011 ini adalah seluruh pelajar Indonesia yang sedang studi di luar negeri. Dalam OKTI kali ini terbagi dalam 5 kriteria, antara lain :

1. Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora

Kategori ini mengusung tematik pembangunan dan pembinaan sumber daya manusia, pengembangan ilmu-ilmu sosial dan mendukung upaya menuju reformasi sistem pendidikan Indonesia.

2.  Teknologi Informatika dan Elektronik

Kategori ini mengusung tematik mendukung usaha menuju pengembangan inovasi dan penciptaan teknologi di       Indonesia.

3.  Percepatan Pembangunan Ekonomi, Pengembangan Wilayah dan Lingkungan

Kategori ini mengusung tematik pembangunan dan pengembangan ilmu ekonomi terbaru disertai pembangunan  perkotaan wilayah dan pesisir yang inovatif dalam menghadapi permasalahan lingkungan.

4.  Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat

Kategori ini mengusung tematik perbaikan inovasi bidang kedokteran dan kesehatan masyarakat menuju Indonesia  sehat.

5.  Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Ketahanan Pangan dan Energi

Kategori ini mengusung tematik peningkatan iptek Indonesia untuk masa yang akan datang, peningkatan inovasi di bidang pangan untuk menjamin ketersediaan pangan Indonesia dan pengembangan roadmap energi di Indonesia. Karya Ilmiah yang diajukan diharapkan mengedepankan orisinalitas, kreatifitas & inovasi terhadap sumbangsih keilmuan untuk Indonesia.

Syarat-syarat karya ilmiah meliputi :  

  1. Karya ilmiah ditulis dengan berpedoman kepada standar Karya Tulis Ilmiah (Judul, Penulis, Abstrak, Kata Kunci, Manuskrip utama, Kesimpulan & Referensi). Penulisan Karya Tulis menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris  (maksimum 250 kata). Jumlah halaman maksimum untuk Karya Tulis adalah 15 halaman (termasuk Tabel, Gambar dan Referensi).
  2. Karya Tulis ditulis dalam kertas ukuran A4 (21 x 27,9 cm), spasi 1, margin 3-3-2-2 (left-top-right-bottom), huruf Times New Roman, font 12.
  3. Karya Tulis versi digital (words dan PDF) diserahkan kepada panitia melalui email : ppiperancis.okti@gmail.com (cc. firmonasari@gmail.com, zenathan_adnin@hotmail.com) selambat-lambatnya tanggal 13 Juli 2011 pukul 23h59 (waktu Paris GMT+01.00 sesuaiEuropean Union Time Rules).
  4. Karya Tulis print-out diserahkan kepada panitia dalam dua sampul tertutup paling lambat tanggal 31 Juli 2011 ke alamat panitia sebagaimana tercantum dibawah. Nama & Alamat jelas pengirim wajib dicantumkan di sampul luar. Sebuah fotokopi masing-masing Kartu Identitas (Kartu Tinggal, Titre de séjour, Residence) dan Kartu Pelajar yang masih berlaku (atau Surat Keterangan Pembimbing, Universitas) dilampirkan bersama Karya Tulis.
  5. Karya Tulis yang dikompetisikan dapat bersifat kolektif (ditulis oleh lebih dari 1 orang, max. 3 orang).
  6. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.

Karya tulis versi digital diserahkan kepada panitia melalui email ke ppiperancis.okti@gmail.com, firmonasari@gmail.com, dan zenathan_adnin@hotmail.com,  paling lambat diterima panitia tanggal 13 Juli 2011. Sedangkan versi hard copy selambat-lambatnya diterima panitia tanggal 31 Juli 2011 dan dikirim ke :

Perhimpunan Pelajar Indonesia Prancis (PPI Prancis)

d/a Zenathan Adnin Hasannudin

45 B, Boulevard Jourdan, CIUP Residence Lucien Paye ch. 227 Paris 75014

Sebagai hadiahnya, untuk juara umum cek sebesar 750 euros + piagam, sedangkan juara per kategori

1. Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora : Cek sebesar 250 euros + Piagam.

2. Teknologi Informatika dan Elektronik    : Cek sebesar 250 euros + Piagam.

3. Percepatan Pembangunan Ekonomi, Pengembangan Wilayah dan Lingkungan : Cek sebesar 250 euros + Piagam.

4. Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat : Cek sebesar 250 euros + Piagam.

5. Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Ketahanan Pangan dan Energi : Cek sebesar 250 euros + Piagam

Biaya yang ditanggung oleh panitia meliputi biaya akomodasi (penginapan selama 2 malam), biaya konsumsi dan biaya Tour de Paris meliputi Tour  Eiffel, Musée du Louvre, Notre Dame de Paris, Université Paris de Sorbonne, Champs d’Elysées dan sebagainya bagi peserta OKTI. Sedangkan biaya transportasi dari negara asal ke Paris dan sebaliknya (pulang pergi) menjadi beban peserta OKTI.

Copyright : OKTI 2011 PPI Perancis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s