SIAPA TAK KENAL BURKE RYAN

‘Halo sahabat super !’, begitulah Mario Teguh selalu memulai acara live-nya disebuah stasiun TV swasta nasional Indonesia. Nama Mario Teguh tentunya sudah tidak asing lagi di telinga para pembaca semua. Kita semua mengenal beliau sebagai seorang personal motivator yang ulung, melalui kata-katanya yang sungguh membangun dan mendorong orang untuk bersikap yang terbaik.

Lalu, tentu saja para pembaca pernah mendengar mengenai sebuah nama lain, yaitu Burke Ryan ? Haha, saya becanda. Saya yakin nama tersebut tidak familiar. Burke Ryan, hanyalah seorang penulis amatiran yang bekerja di Manhattan, New York. Burke bertugas sehari-hari memberikan ceramah kepada para New Yorkers yang sedang memiliki masalah dengan kesedihan (kehilangan suami, istri, anak atau sanak keluarga, bahkan hewan peliharaan). Burke bertugas mengangkat orang-orang tersebut dari lubuk kesedihan dan memberikan motivasi kepada mereka.

Jika dilihat, beliau bukanlah seseorang besar dan terkenal seperti layaknya Mario Teguh. Bahkan saya tidak kenal beliau, hanya saja, saya menyukai apa yang kepala kecil Burke pikirkan dan tuangkan dalam setiap ceramahnya.

‘Sometimes, despite your best efforts otherwise, life will give you lemons. When that happens, you’ve two choices, friend. You can wear a sour face or make lemonade’.

Hidup itu seperti buah lemon yang kita potong setiap harinya yang manakala kita cicipi akan membuat wajah kita berkerut. Burke memberikan pilihan, bahwa lemon yang asam dapat dirubah menjadi lemonade (semacam jus lemon) yang manis. Hanya memerlukan bahan tambahan yang tepat.

Kira-kira begitulah ya kehidupan, kira-kira satu pekan yang lalu, saya mendapatkan berita tidak menyenangkan tentang masa depan saya. Saya menyangka bahwa saya baik-baik saja, akan tetapi dampak yang diberikan beberapa kalimat ‘tidak menyenangkan’ tersebut cukup fatal ternyata. Fisik saya turun dan saya tidak tahu harus menempatkan diri dimana. Mungkin Burke akan bilang pada saya ‘you lost your guidance’. Semacam itulah.

Jika saya ber-‘curhat’ seperti ini kepada teman-teman saya, saya cukup yakin kalimat-kalimat seperti : ‘everything happens for a reason’, ‘ada hikmah dibalik semua ini’ dan sebagainya akan diberikan. Saya sungguh bersyukur, memiliki mereka yang akan selalu mendukung saya. Tapi, mohon maaf, itu terdengar cukup cliché bukan ? Burke akan kembali bilang ‘not problem solving’. Ya Burke, tentu saja, karena masalahnya ada di dalam pribadi, bukan mereka. ‘So, find yourself an action to overcome the stress, eventhough not the problem you can fix’, Burke kembali ngotot.

Apa maksud semua ini ? Ketika kita menerima sebuah berita buruk, terkadang kita harus mencernanya, membutuhkan waktu untuk memahami. Dan terkadang,  selama apapun kita  akan tetap merasa tidak nyaman. Kenapa ? Karena di dalam diri kita ibarat lalu lintas padat di kota New York. Di dalam diri kita selalu ada klakson mobil, suara drill pekerjaan jalan, persimpangan lampu merah yang padat dan lain sebagainya. Dan kita enggan beranjak dari hingar bingar itu.

Namun, jika kita berpindah ke atap apartemen, di tempat yang sama, pemandangan laut, burung kembali terlihat. Hingar bingar tersebut tidak terdengar kembali. Ternyata, sederhana saja, ‘we only have to climb those stairs’. Kita hanya harus berani menaiki tangga dan melihat bahwa di dalam diri, ternyata terdapat juga kedamaian.

Saya menaiki tangga itu kemarin dan menemukan bahwa saya tidak perlu merasa resah lagi. Satu langkah menjadi pribadi yang lebih baik. Jikalau saya menceritakan ini, semoga membantu, jika diantara pembaca sedang terbelit sebuah masalah. Saya tergelitik untuk menciptakan sebuah kalimat seperti Burke selalu lakukan,

‘Control yourself then you can control the problem’ – RAP.

Riza-Arief Putranto. 24 April 2011. Realisasi note ke-137 di Facebook.

Leave a Reply

