BEBERAPA KALIMAT TANYA TERHEBOH DALAM HIDUP SAYA

Selama seseorang hidup, pastilah dia dikelilingi oleh mereka yang menyayangi seperti sanak saudara, keluarga, sahabat dan handai taulan. Selama itu pulalah interaksi antara mereka akan terjalin. Manusia pada dasarnya senang dengan kepedulian dan perhatian orang-orang disekeliling mereka. Dan, bentuk perhatian itu sendiri bermacam-macam adanya. Saya mengambil contoh dari berbagai bentuk perhatian orang-orang di sekeliling saya, yang paling mudah tentu dalam bentuk interaksi verbal. Sebagai hiburan saya tinggal di luar negeri seorang diri, dimana waktu setiap hari saya habiskan untuk berinteraksi dengan makhluk ciptaan Tuhan non-manusia bernama latin Hevea brasiliensis dan bernama melayu : tanaman karet, saya memiliki hobi lumayan unik.

Hobi ini sudah saya mulai sejak Juli 2010 hingga sekarang, Juni 2011, dan masih berlangsung. Apakah hobi tersebut? Yakni menghitung pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada saya oleh orang-orang di sekeliling saya baik keluarga hingga sahabat. Semua pertanyaan tersebut saya rangkum dalam sebuah file excel untuk memudahkan analisis saya. Dan setelah menghitung dan menganalisis, saya ingin berbagi tiga pertanyaan yang paling banyak ditanyakan kepada saya sejak kurun waktu hobi saya mulai dilaksanakan.

Pertanyaan dengan rangking teratas yang diajukan sebanyak 479 kali dalam kurun waktu 7 bulan (1 Juni – 20 Desember 2010) yaitu ‘Kapan menikah’. Mengingat usia saya yang waktu itu akan menginjak kepala tiga, saya sangat memahami kenapa pertanyaan ini menjadi favorit. Dan, alhamdulillah, pada tanggal 26 Desember 2010, saya menjawab pertanyaan tersebut dengan menikahi seorang gadis yang sekarang menjadi istri saya. Pertanyaan ini merupakan kalimat yang mungkin menandai budaya kita yang memang mengagungkan pernikahan sebagai bukti utama kematangan dan kedewasaan seseorang. Sebuah budaya yang melengkapi runtutan proses 3B : belajar (sekolah dan universitas), bekerja (menemukan pekerjaan setelah lulus) dan berkeluarga (menikah).

Pertanyaan dengan ranking kedua yang diajukan sebanyak 234 kali dalam kurun waktu 6 bulan (27 Desember 2010 – 2 Juni 2011) yaitu ‘Kapan memiliki momongan’. Sebenarnya, saya sudah menduga pertanyaan ini akan muncul, karena merupakan sebab akibat dari sebuah aksi di pertanyaan pertama diatas. Setelah menikah tentu saja memiliki momongan. Saya selalu tidak bisa menjawab untuk pertanyaan ini karena hanya Tuhan yang tahu kapan saya memiliki momongan. Mengingat saat ini, saya terpisah jarak dengan istri tercinta. Tapi, segera, jika boleh saya memiliki rasa optimisme.

Pertanyaan dengan rangking ketiga yang diajukan sebanyak 127 kali dalam kurun waktu 4 bulan (1 Februari – 5 Juni 2011) yaitu ‘Kapan pulang’. Dan, kalimat tersebut adalah akibat dari sebuah aksi yang saya lakukan sebelumnya, yaitu melanjutkan pendidikan saya ke Perancis. Jika semua berjalan lancar, saya memiliki rehat panjang untuk S3 saya yaitu pada pertengahan Agustus 2012. Jadi kemungkinan besar, waktu ini lah yang akan saya pergunakan untuk kembali ke tanah air untuk sekedar mengambil cuti panjang.

Sebagai informasi, 98 jenis pertanyaan sudah masuk ke dalam file saya dan masih terus bertambah. Kegiatan ini saya lakukan untuk memantau secara nyata bahwa di dalam hidup saya, betapa banyak orang memperhatikan saya dengan mengulang-ulang pertanyaan yang sama bahkan hanya dalam kurun waktu yang cukup singkat. Dengan ini, saya mengucapkan banyak terima kasih. Semoga di lain kesempatan saya bisa membalas perhatian baik dari keluarga, sanak saudara, handai taulan dan para sahabat.

Bagi mereka yang sering juga menerima pertanyaan yang kurang lebih sama dengan saya, janganlah marah atau kesal atau bahkan tersinggung. Mari bersyukur karena banyak orang sudah menyempatkan untuk memikirkan kita walau hanya barang sejenak. Bagi yang menunggu kesempatan menikah, menunggu calon momongan dan bahkan sedang berjauhan dengan keluarga, saya doakan semoga semua berjalan lancar.

Terus semangat !

Riza-Arief Putranto. 6 Juni 2011.

Gambar di ambil dari sini.

2 thoughts on “BEBERAPA KALIMAT TANYA TERHEBOH DALAM HIDUP SAYA

  1. slam kenal . . saya panggil sir saja yaa,,,
    sir saya dari sma negeri 2 lumajang,jawatimur , saya sekarang duduk di kelas 3 .. kebetulan saya adalah seorang pemimpi besar😀 salah satu mimpi saya , saya sangat sangaaaaaaaaaat ingin ke prancis untuk meniti karir, saya ingin membuat sebuah sebuah tempat yang berhubungan dengan batik Indonesia..
    tapi saya sangaaaat sulit belajar bahasa prancis, mau kursus juga minim, karena tidak ada kursus bahasa prancis di lumajang..
    saya mau tanya sama anda apakah dulu anda pernah bermimpi untuk kesana ?? apakah dulunya anda mendapat fasilitas yang memadai dari orang tua untuk kesana ?? mohon dijawab🙂

    • Salam kenal Izza. Seorang pribadi yang berani memiliki mimpi seyogyanya dibarengi dengan motivasi dan usaha yang tinggi pula. Apakah saya bermimpi? Tujuan saya adalah sekolah di luar negeri, dimanapun itu. Bersyukur saya mendapatkan beasiswa ke Prancis setelah apply selama beberapa kali ke banyak beasiswa. Saya tidak pernah mendapatkan fasilitas kursus dari keluarga ketika saya masih muda. Kursus bahasa saya usahakan sendiri. Perjalanan masih panjang untuk Izza, rajin-rajinlah mencari informasi beasiswa ke luar negeri (Prancis, jika bertujuan kesana). Semoga berhasil, cheers😉

Leave a Reply

