BERKELANA MEMBUKA CAKRAWALA


Masih ingatkah dengan cerita mengenai Si Buta dari Goa Hantu dan Kliwon, si kera yang selalu berada di pundaknya? Kisah yang diangkat oleh Ganesh Thiar Santoso (seorang komikus Indonesia) yang kemudian diangkat ke layar kaca oleh para sineas.

Serial Si Buta dari Goa Hantu karya ciptaannya tidak akan pernah dilupakan banyak pembaca dari berbagai pulau di Indonesia. Hal ini disebabkan karena petualangan Si Buta dimulai dari Jawa Barat hingga menyeberang ke banyak pulau seperti BaliFloresKalimantanSulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah. Dalam perjalanannya, Si Buta bertemu banyak kawan dan musuh yang meningkatkan kemampuan bersilatnya hingga ke puncak tertinggi.

It’s true! Travelling open your mind.

Kalimat diatas memiliki banyak arti. Tentu saja berkelana pada zaman sekarang tidak hanya sebatas antar kota antar provinsi, bahkan antar benua. Lihatlah, betapa banyaknya pelajar Indonesia yang menuntut ilmu bahkan lebih jauh dari Negeri Cina. Tujuannya hanya satu, untuk membuka wawasan.

Melihat budaya yang berbeda, merasakan ragam makanan yang unik, nuansa kota yang antik bahkan hingga bahasa yang romantis. Itulah sekelumit cakrawala yang dapat dinikmati setiap harinya. Dalam pemahaman yang lebih sempit, sesuai kapasitas sebagai pelajar, maka mereka diberikan sudut pandang yang berbeda dalam menilai suatu hal.

Kemudian, pemahaman berkelana membuka cakrawala tidak selalu tentang siapa yang lebih banyak mengunjungi kota-kota di Eropa, Amerika, Jepang atau bahkan Australia. Akan tetapi tentang bagaimana sebuah pribadi berkembang dan belajar hal baru.

Tidaklah perlu kita memandang luar negeri. Cukuplah berkunjung ke kota terdekat dari kota dimana kita tinggal. Maka, kita akan mampu membandingkan apa-apa yang baik dan tidak baik dari kedua kota tersebut. Menurut saya, itulah yang disebut membuka cakrawala, artinya melihat segala sesuatu out of the box.

Sesuatu yang baru itu menarik.

Pada dasarnya, di setiap diri manusia terdapat jiwa kekanak-kanakan. Artinya, manusia selalu ingin tahu dan mencari hal baru. Mengapa ? Karena sesuatu yang baru itu menarik. Sebagai contoh, dalam setiap publikasi internasional pun selalu diharapkan sesuatu yang belum ada sebelumnya. Lalu, marketing sebuah produk, selalu bagaimana membuat konsumen tertarik kembali. Juga barang tentu, dalam kebutuhan sehari-hari, budaya konsumtif manusia adalah salah satu usaha untuk memuaskan hasrat akan kebaruan. Sesuatu yang baru itu menyegarkan !.

Berkelana hanyalah satu dari berbagai cara yang dicontohkan diatas.

Seorang teman menghubungi saya pagi tadi, meminta untuk diberikan penyemangat. Dia bosan. Dia jenuh akan segala rutinitas. Dia malas, karena jiwanya sudah tidak sanggup lagi menjadi rajin untuk sementara. Maka saya sarankan padanya untuk segera bergegas keluar dari kungkungan rumah. Berada di jalan, atau ditempat yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Sebuah pernikahan unik, saya hadiri akhir pekan ini. Saya seolah melihat cakrawala baru, ketika sebuah pesta pernikahan mengharuskan hadirin untuk menari gembira, melompat bahkan bergaya freestyle. Sebuah hal yang baru dan berbeda dari semua pesta pernikahan ala Indonesia yang selalu saya ikuti di negeri sendiri.

Jadi, marilah terus berkelana tanpa terbatas oleh jarak, entah dekat atau jauh, dan selalu menjadi pribadi yang menyegarkan !

Sumber gambar: http://haarrr.files.wordpress.com/2009/10/image_-avonturir-nomaden-man.jpg

Riza-Arief Putranto, 24 Juli 2011.

7 thoughts on “BERKELANA MEMBUKA CAKRAWALA

  1. great!! Kebetulan hidupku lg jenuh. Tulisan ini menambah semangat untuk banyak bepergian, see the unique and the diffrent things out there.

    • tetap semangat tian, semoga cepet kembali ke jalur yang benar. sementara berpetualang saja dulu, supaya kejenuhan hilang🙂

  2. Wuah bener om… dengan berpetualang akan menambah pengetahuan baru.. ternyata bangunan di Turin indah2 om.. banyak tempat yg asyik buat hunting foto lho om..hehehe

  3. Pingback: KAUM GENERALIS « Chez Putranto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s