TRAVELLER FOR A DAY

Mengisi liburan musim panas dapat dengan melakukan bermacam-macam aktivitas, mulai dari berbelanja di pusat komersial hingga berenang di danau lokal pinggir kota. Musim panas kali ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

Turis banyak berdatangan ke kota yang memiliki slogan ‘Kota dengan Matahari Yang Tak Pernah Terbenam (La ville où le soleil ne se couche jamais)’. Touring keliling kota seharga 12€ yang disediakan oleh Pemerintah Kota laris manis diserbu pengunjung. Dapat juga, hanya sekedar menikmati kopi atau es krim di café-café yang bertebaran di sepanjang Place de la Comédie, Place de l’Europe atau bahkan Avenue de la Préfecture. Pada saat seperti ini banyak pula, mahasiswa Licence (S1) dan Master yang merubah diri menjadi part-timer bekerja di sebuah restoran atau café hanya demi 64€/hari. Pas mal ! (not bad !).

Lalu, bagaimana dengan saya? No holiday. Tenggat waktu mengharuskan saya menyelesaikan beberapa kewajiban sebelum saya menghadapi comité de thése (komite tesis) yang pertama bulan depan. Ditambah, bulan Ramadhan yang mewajibkan muslim seperti saya, melaksanakan ibadah suci. Opsi kedua ini menjadikan saya harus mengurangi aktivitas jika tidak ingin dehidrasi di tengah suhu musim panas yang hingga hari ini mencapai 36°C.

Akan tetapi, manusia adalah makhluk yang butuh keseimbangan antara bekerja dan hiburan. Bekerja terlalu keras akan menurunkan efektivitas dan bersenang-senang terlalu banyak akan melelahkan tubuh. Give body what it need necessarily.

Sabtu ini, saya merencanakan melakukan kegiatan yang pernah saya lakukan pada musim panas tahun 2009 bersama seorang teman Filipina, Emmanuel Arsenal Maceda. Apakah itu? Yaitu, menjadi traveller for a day. Kegiatan dengan tujuan berkeliling kota menggunakan sepeda. Pada saat itu, perjalanan yang kami tempuh adalah sejauh 34 km dari Centre Ville Montpellier menuju Pérols (sebuah wilayah pantai di selatan Montpellier) selama 2 jam.

Sepeda kesayangan

Kali ini, saya ber-solo karir dalam melakukan kegiatan Traveller for a day. Dikarenakan sedang menjalankan bulan puasa, saya tidak merencanakan itinéraire (target tempat yang akan dikunjungi). Saya mencoba untuk melakukan sekuat tubuh saja. Inti dari perjalanan ini adalah refreshing.

Peta Perjalanan Traveller for a day, Sabtu 20 Agustus 2011 (http://maps.google.fr/)

Perjalanan saya mulai pada pukul 15h30 dari Cité Agropolis dimana saya tinggal (A/F). Dikarenakan saya tinggal di lantai 3, saya harus memanggul sepeda turun terlebih dahulu. Cité Agropolis, dinamakan demikian, merupakan sebuah lokasi dimana empat Institut de Recherche (Research Institute) terdepan di Montpellier berada, yaitu CIRAD (Centre de Coopération Internationale pour le Recherche et Développement), IRD (Institut de Recherche pour le Dévelopement), CEMAGREF (L’institut de recherche en sciences et technologies pour l’environnement) dan terakhir IAMM (L’Institut Agronomique Méditerranéen de Montpellier). Saya sendiri tinggal di sebuah Résidence hanya berjarak 50 m dari CIRAD.

Perjalanan terdekat menuju persimpangan pertama sebelum Place de la Comédie adalah Saint Eloi. Saya harus memapah sepeda menaiki bukit setinggi 15 m hingga mencapai jalan datar. Di puncak bukit tersebut adalah Zoo de Lunaret, kebun binatang milik Pemerintah Montpellier yang buka gratis dari hari Selasa hingga Minggu. Dari sini, saya menaiki sepeda saya mengikuti turunan hingga mencapai Saint Eloi.

Dari Saint Eloi, saya mengayuh kencang pedal menuju Place de la Comédie (B) yang berjarak 4 km. Place de la Comédie merupakan tempat teramai dan pusat perdagangan dari kota Montpellier. Janjian bertemu teman, sangat mudah dilakukan disini. Tempat ini juga dekat dengan Gâre Saint Roch, stasiun kereta. Saya sempat beristirahat sejenak di taman Esplanade de Charles de Gaulle dan berbincang dengan seorang polisi on duty. Tak jauh dari tempat ini saya menyempatkan untuk membeli sebuah chausson de pommes (roti apel) di Brasserie Corum, untuk buka puasa nanti (C).

Dari Corum, saya merasa masih memiliki tenaga sehingga memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju Odysseum (D), sebuah pusat komersial yang terletak di sebelah tenggara kota Montpellier. Dibangun pada tahun 2008, Odysseum merupakan lokasi strategis untuk mereka yang gemar spending money barang-barang bermerek. Disini juga terletak pusat alat rumah tangga, IKEA dan pusat alat-alat olahraga DECATHLON.

Saya meletakkan sepeda di sebuah taman dan menggelar karpet kecil yang sedari tadi saya bawa di dalam tas. Berbaring sejenak dan menikmati angin sepoi-sepoi yang menyapu wajah. Taman buatan ini sendiri terletak di belakang Aquanostrum (semacam Sea World ala Montpellier). Segala yang ada di taman tersebut adalah artifisial, baik rumput, meja kursi dan tempat sampah. Semua terbuat dari plastik.

Oh iya, sebuah kejadian aneh saya alami ketika sepeda dikunci pada sebuah tiang. Saya pergi untuk berbelanja makanan di Géant. Ketika saya kembali, kunci gembok sepeda tersebut hilang, tetapi sepeda saya masih bertengger dengan sempurna. Memang, jika saya pikir-pikir, harga gembok tersebut jauh lebih mahal dari sepeda saya. Bersyukur pula saya tidak pulang jalan kaki.

Dalam perjalanan pulang, saya menyempatkan diri untuk mampir ke Poissonerie d’Aiguelongue (toko ikan) yang terkenal di Montpellier (E). Saya membeli 1 kg cumi-cumi untuk saya masak malam ini. Toko tersebut merupakan tempat langganan saya, karena banyak macam dan ragam ikan atau makanan laut yang bisa dibeli.

Perjalanan kali ini menempuh jarak total 22 km dalam waktu 3 jam. Dan, sungguh merupakan sebuah aktivitas yang menyenangkan. Bagi pembaca yang mencari kegiatan untuk mengisi liburan musim panas atau sekedar ber-week end saja, traveller for a day bisa menjadi alternatif.

Vive l’été !

Riza-Arief Putranto, 20 Agustus 2011.

Leave a Reply

