DAFTAR KALIMAT MUTIARA

Sebagaimana manusia hidup, seseorang mengalami banyak kejadian yang membentuk dan menjadikan pribadi seseorang tersebut. Sebagian adalah kejadian baik dan sebagian lain adalah kejadian buruk. Keduanya menjadikan pengalaman hidup yang sangat berarti dan kadang kala beberapa orang ingin mengabadikan pengalaman tersebut. Pengabadian dapat melalui media tulisan baik literal (tulisan pada kertas seperti buku diari) maupun elektronik (email, blog, diari elektronik, website, Twitter bahkan Facebook).

Dalam kesempatan ini, saya ingin membeberkan sedikit mengenai rahasia pribadi saya (hayah !) yang mungkin cukup menarik untuk diulas. Walaupun memiliki latar belakang ilmu empiris yang sangat kuat, namun saya sangat tertarik dengan segala macam yang berbau filosofi. Bolehlah sebagian kawan saya mengatakan saya lebay atau overdramatisasi, tetapi menurut saya berfilosofi itu bukan berarti harus berkata-kata yang sulit.

Jika saya memahami baik-baik, dalam setiap pengalaman berempirisasi (sistem analisis menggunakan logika) selalu akan muncul kata tanya utama yaitu « kenapa ». Pada tingkat pendidikan yang sedang saya kejar saat ini (red. S3), filosofi « kenapa » dari bidang ilmu itu semakin tajam di arahkan. « Kenapa saya harus melakukan studi ini ? » adalah pertanyaan utama ketika saya pertama kali masuk kepada subyek penelitian. « Kenapa metode ini yang harus digunakan ? » adalah pertanyaan teknis untuk mencapai tujuan saya. « Kenapa hasilnya seperti ini ? Langkah apa yang harus saya ambil selanjutnya dan bagaimana ? » merupakan pertanyaan selanjutnya untuk merumuskan sebuah kesimpulan.

Baiklah, saya mengajak pembaca kembali ke topik utama. Bahwa dalam setiap pengalaman hidup yang saya lalui, saya menuliskannya dalam sepatah dua patah kalimat yang berbentuk kalimat mutiara. Bagi saya, kalimat mutiara lebih memiliki makna dalam dibandingkan puluhan paragraf yang mungkin tidak akan pernah dibaca lagi. Dan semua kalimat tersebut saya susun menjadi sebuah daftar dengan tanggal yang berurutan.

Ketika saya melihat daftar tersebut, terkadang mengingatkan betapa tidak sempurnanya pribadi, yang tentunya, harus terus melakukan perbaikan diri. Hingga hari ini sudah sekian banyak kalimat mutiara terkumpul dan tanggal tertera terakhir kali saya melakukan update adalah 1 Maret 2010. Saya tidak ingat lagi, kenapa saya berhenti di tanggal tersebut.

Beberapa kalimat mutiara yang sangat berkesan di benak, saya contohkan sebagai berikut :

“Push yourself toward limits, than you’ll see that you don’t have any” (January, 1st 2010)

Kalimat diatas saya tuliskan pada hari pertama ketika saya stage pada tahun kedua studi Master saya di Perancis. Stage atau yang dalam Bahasa Inggris disebut internship atau magang dalam Bahasa Indonesia, merupakan kegiatan pembelajaran atau penyempurnaan ilmu (teknik, metode, pemahaman) yang berlangsung di perusahaan, institut penelitian atau bahkan sekolah dan universitas. Di Perancis sendiri, stage disebut sebagai durée de pré-embauche (masa pra-kerja). Sebagai contoh bagi seorang pelajar Master tahun kedua (akhir), stage yang berdurasi 4-6 bulan merupakan masa penting yang menentukan karir pekerjaan ke depan (berguna untuk mendaftar di perusahaan atau meneruskan ke jenjang S3).

Tidak dipungkiri bahwa berkuliah di Perancis atau di negeri lain tidaklah mudah. Kendala bahasa, kultur yang berbeda hingga sistem belajar yang berbeda sering kali menjadi penghalang berarti dari kesuksesan (red. lulus). Saya sedang menemui masalah tematik riset ketika saya menuliskan kalimat mutiara diatas. Kala itu, pribadi merasa dalam kondisi terjepit antara keinginan untuk maju dengan kapasitas intelektual yang dimiliki. Dan, ketika saya terus mendorong akhirnya saya sadar bahwa batas itu dibuat oleh pribadi sendiri. Terkadang, pribadi membatasi diri sendiri dengan mengatakan berkali-kali « saya tidak akan bisa ». Dan itu tidak hanya sekedar, kata-kata, saya mengalaminya sendiri hingga akhirnya tertuliskan kalimat diatas.

“Love can’t be perfect, love is just love” (January, 8th 2010)

Kalimat diatas saya tuliskan ketika akhirnya saya menemukan seseorang yang saya cintai. Dia akhirnya menjadi istri saya saat ini. Saya memiliki lelucon waktu itu, bahwa untuk memahami cinta dengarkan dan dendangkan semua lagu Indonesia, semua berbicara mengenai cinta. Dan, mengenai urusan berjodoh, tidak ada segala sesuatu yang sempurna. Belajar menerima dan belajar memahami adalah bagian darinya. Kami bertemu pada akhir Desember 2009 dan menikah pada bulan Desember 2010. Dan bulan ini Desember 2011, kami akan merayakan 1 tahun pernikahan. What a life with you, chérie !

Dan, sebuah kalimat bermakna kembali hinggap di benak saya melalui sebuah pengalaman berharga. Rasanya saya tidak perlu mengungkapnya, silahkan pembaca merumuskannya melalui imajinasi yang baik. Kalimat itu adalah :

“People come and go. They’ll come when they need something, but they’ll go when they get it” (December, 5th 2011)

Akhir kata, mari selalu berusaha menjadi pribadi yang baik dari semua pengalaman. Seorang senior bijak berujar pada saya « pengalaman itu tidak dapat dipelajari, hanya dapat dialami ».

Sumber gambar : greenlife91.blogspot.com

Riza-Arief Putranto, 6 Desember 2011.

5 thoughts on “DAFTAR KALIMAT MUTIARA

      • om om, kalimat mutiara yg terakhir itu ko podo karo pengalamanku winggi yo hihihihi.. tapi ga semua ding, ada beberapa yg ga begitu ko.. tapi sebagian besar yo koyo ngono hihihhiihi… wis gek ndang turu🙂

    • kata itu saya dapat dari Triska, coba saja lihat di wall dia posting dua mingguan lalu. semoga membantu rasa penasarannya🙂

Leave a Reply

