ROCKER (PELAJAR) JUGA MANUSIA

“Rocker juga manusia”. Sebuah kalimat yang menjadi tren dikumandangkan sebuah grup band tanah air asal Bandung beberapa tahun yang lalu. Kalimat yang menjadi guyonan atau bahkan candaan diantara kawan dan sahabat. Tapi siapa mengira bahwa kalimat tersebut ternyata memiliki makna yang dalam. Setidaknya begitulah saya berfilosofi.

Sejak Senin kemarin, libur sekolah termasuk Universitas telah dimulai. Di Cité (apartemen pelajar) tempat saya tinggal, hanya tampak beberapa cahaya dari kamar sebuah gedung yang ditinggali 118 orang. Tempat parkir yang biasanya sesak dengan mobil kini lengang. Hampir semua pelajar merencanakan liburan akhir tahun mereka. Terlihat betapa sepinya pusat kota Montpellier. Tidak ada lagi antrian di kantor pos. Tidak terlihat jejalnya manusia di dalam Tram.

Sebagian besar kawan-kawan Facebook memasang status “berlibur” di wall mereka. Sebagian sedang menikmati indahnya Italia dan sebagian lain lebih memilih melihat salju di Puncak Alpen. Beberapa sedang menikmati sensasi makan es krim di tengah musim dingin. Beberapa lain lebih memilih menuju selatan yang lebih hangat dan mengunjungi kawan mereka.

Saya ? Lagi-lagi selalu berada di waktu yang kurang tepat. Terjebak diantara keinginan bekerja selama lab kosong dan hambatan teknis. Di Perancis, bekerja di lab di masa liburan terkadang bukanlah hal yang menguntungkan. Pertama, dengan sistem lab berbasis UMR dengan satu penanggung jawab (untuk alat, pemesanan bahan kimia, dsb), seorang pelajar yang hendak melaksanakan penelitian akan terhambat. Terlebih, selama liburan akhir tahun, supplier bahan kimia pun bekerja dua kali lebih lambat dari hari biasa.

Info singkat. Unité Mixte de Recherche disingkat UMR adalah gabungan dari peneliti-peneliti yang bekerja pada bidang yang sama dikelompokkan menjadi 1 grup riset tanpa memandang dari Institut mana dia berasal tentu yang masih dalam 1 wilayah département (setaraf kota). UMR lebih dikenal dengan lab berbasis platform. Semisal, saya bekerja di bidang perbaikan tanaman maka hanya ada 1 UMR bernama AGAP (Amélioration Génétique et Adaptation des Plantes) di Montpellier yang terdiri dari peneliti-peneliti dari berbagai lembaga Cirad, IRD, Université Montpellier 2, INRA dan CNRS.

Kedua, secara psikologis, bekerja sendiri di dalam lab ternyata tidak mudah, terlebih bagi saya. Ada semacam rasa kesepian ketika seharian mengurung diri di dalam sebuah lab modern. Secara psikologis saya merasa tidak bersemangat dalam bekerja dikarenakan tidak ada seseorang untuk menyapa dan disapa, seseorang untuk bertanya dan ditanya, atau bahkan seseorang untuk sekedar saling senyum. Tapi semua ini kembali ke pribadi masing-masing.

Ditambah kondisi mental saya sedang kurang baik alias krisis kepercayaan diri. Gagal di beberapa eksperimen dengan hasil kurang baik, saya menyadari sesuatu hal. Meskipun saya sudah terbiasa dan ahli di sebuah pekerjaan tertentu, tidak menjamin keberhasilan 100% secara terus menerus.

There’s a moment when you have to keep up and there’s also a moment when you have to be patient…

Pelajar juga manusia menajamkan kata “manusia”. Kita hanyalah manusia, itulah kalimat yang sesungguhnya. Ada faktor “X” yang terkadang tidak dapat dijelaskan. Dalam sebuah pikiran yang tenang, saya menyadari akan perasaan takut (deadline lab, laporan, publikasi dsb). Namun bukan berarti saya lemah. Dibalik kesadaran atas rasa takut maka saya hendak belajar tentang kekuatan.

Juga, sepertinya saya butuh liburan. Akhirnya saya putuskan untuk mengambil liburan akhir tahun selama sepekan dan pergi berkeliling. Dalam hidup, semuanya tentang keseimbangan. Bonne fête Noël et Bonne Année ! Merry Christmas and Happy New Year !

Sumber gambar : djitz.com

Riza-Arief Putranto, 22 Desember 2011. Hari dimana saya bilang “Bos, saya ambil libur” pokoknya.

5 thoughts on “ROCKER (PELAJAR) JUGA MANUSIA

    • sekitar montpellier saja, mengunjungi tempat-tempat yang tidak terpikirkan sebelumnya. dikau libur kemana?

      • oh. kirain riza mo loburan nya keluar dr perancis.. hehe..
        si daku planning nya sih mo berkunjung ke belgia sm ke regensburg..🙂

Leave a Reply

