DAGING BEKU BERJALAN DAN WINDCHILL

“Kami bukan daging beku berjalan”, teriak seorang bule sambil mengepalkan tangan ke udara. Seorang pria separuh baya tersebut tampak lusuh mengenakan jaket panjang tebal (veste) panjang hingga lutut, leher berbalut syal (écharpe) dan kaos tangan tebal menutupi jari-jarinya.

Pagi ini, saya berjalan melintasi Avenue Agropolis menuju lab Cirad seperti biasanya. Jalur harian selama 3 tahun terakhir tinggal di Montpellier. Udara pagi ini lain dari biasanya, lebih dingin dari yang pernah saya rasakan semenjak musim dingin dimulai bulan Oktober silam. Ketika saya melintasi pria tersebut, tergerak tangan saya untuk melihat temperatur tercantum di layar BlackBerry saya. “-1°C, ow pantas saja”.

Untuk ukuran kota Montpellier yang terletak di selatan Perancis, suhu -1°C itu dingin. Suhu rata-rata musim dingin di kota ini antara 3-5°C, dan suhu terdingin 0 hingga -1°C. Jadi hari ini, Montpellier sudah menyentuh suhu terdinginnya ? Eh, ternyata tidak. Sesampai saya di lab, disela rehat kopi saya mencoba untuk melihat prakiraan cuaca di Internet. Diperkirakan akhir pekan ini suhu dapat mencapai -5°C ternyata. Sebagai perbandingan, seorang kawan yang tinggal di Nancy “berteriak” di akun Twitter-nya, bahwa suhu sudah mencapai -9°C. Sepertinya udara dingin kembali dan bisa dibilang inilah musim dingin yang sebenarnya.

Ketika menyimak prakiraan cuaca di Perancis, ada hal yang menarik. Suhu disini dibagi dua yaitu (1) suhu terukur (température réelle) dari hasil pengukuran (menggunakan alat : termometer etc) dan (2) windchill atau dalam bahasa Prancis disebut température ressentie. Dua macam suhu ini selalu diletakkan berdampingan ketika kita menyimak prakiraan cuaca di Internet atau di situs resmi météo France : meteo.fr.

Gambar dibawah ini adalah contoh prakiraan cuaca di kota Nancy, utara Perancis untuk sepekan ke depan. Gambar tersebut diambil dari Google.com. Kita dapat melihat bahwa untuk hari Jumat pekan ini suhu rata-rata per hari yang terukur adalah -5°C dan windchill akan dirasakan sekitar -16°C.

Apa itu sebenarnya windchill ? Sesuai namanya, adalah temperatur udara yang dirasakan oleh kulit manusia ditambah faktor angin atau pergerakan udara. Windchill selalu lebih dingin dari suhu udara sebenarnya (yang terukur) dan tidak dapat diprediksi ketika suhu udara diatas 10°C. Konsep windchill pertama kali diintroduksi pada masa Perang Dunia II.

Lalu apa fungsi mengetahui windchill untuk manusia? Tubuh manusia kehilangan panas melalui tiga proses umum yang dinamakan konveksi, penguapan, konduksi dan radiasi. Laju kehilangan panas tersebut tergantung oleh faktor kecepatan angin. Semakin kencang angin bertiup maka semakin cepat sebuah obyek menjadi dingin. Untuk sebagian besar organisme biologi, termasuk manusia, respon fisiologis (tubuh) adalah untuk mempertahankan suhu tubuh dan menghindari efek berbahaya seperti frostbite bahkan kematian. Oleh karena itu, mengamati prakiraan cuaca dan mengetahui temperatur windchill dapat memperkirakan bagaimana cara berpakaian yang baik dalam menghadaoi suhu yang akan dirasakan di luar rumah.

Mungkin hal ini terdengar sepele, bahkan beberapa kawan saya di Indonesia tertawa ketika melihat saya berpakaian ala “selimut” di beberapa foto jejaring sosial. Namun, bagi yang tinggal di Eropa saat ini, penting untuk memahami dan tidak meremehkan cuaca. Yah, setidaknya jika mengikuti prakiraan cuaca, kita tidak akan menjadi “daging beku berjalan”.

Jika tertarik dan iseng untuk mengukur windchill dari suhu terukur, bisa klik disini.

Sumber gambar : google.com

Riza-Arief Putranto, 31 Januari 2012. 

2 thoughts on “DAGING BEKU BERJALAN DAN WINDCHILL

  1. aha!! thn lalu di Nancy, maksimal minus 7’c! dan tahun iniii.. uhlàààààà! anw, baru ngerti istilah windchill! merciii!😀

    • rona, keep warm keep warm, -5°C di nancy bahkan jumat depan -9°C, brrr, hehehe. sedia coklat hangat yang banyak😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s