SKSD DI HARI KASIH SAYANG

Hari selasa, jam makan siang, saya duduk di kantin CIRAD seperti biasanya. Dikarenakan beberapa kawan di lab sudah memiliki rencana masing-masing, maka saya pergi sendiri. Dalam pikiran saya, justru lebih baik, karena saya bisa segera menyelesaikan makan siang dan kembali ke lab untuk melanjutkan pekerjaan.

Dengan tenang saya menikmati steak dan kentang goreng ala hari kasih sayang yang disediakan oleh pihak pengelola kantin. Di Perancis, jangan membayangkan kantin seperti di Indonesia ya. Organisasi kantin disini bisa dibilang baik, karena mereka yang ingin makan harus tertib mengantri untuk mengambil makanan. Terdapat banyak pilihan appetizer dan dessert, juga plat principal (main menu). Setiap orang memiliki hak mengambil 1 appetizer, 1 dessert dan 1 plat principal. Sementara pelengkap seperti mini-baguette disediakan secara cuma-cuma. Setelah memilih, maka kita akan membayar di depan kasir sebelum makan. Kasir akan meminta kartu CIRAD kita. Hanya mereka yang bekerja di CIRAD yang bisa makan di kantin tersebut.

Di Perancis, boleh dikatakan cukup adil dalam hal pajak dari dan untuk siapa. Orang luar yang makan di CIRAD akan terkena biaya penuh yaitu 9€ untuk sekali makan. Sedangkan saya, mendapatkan potongan hingga 6,4€ dan hanya membayar 2,6€. Jadi tidak sembarangan bisa masuk ke kantin dimana saja lalu makan. Kondisi yang sangat berbeda dengan negeri tercinta kita.

Kembali ke topik dimana saya sedang menikmati steak. Tiba-tiba seorang gadis cantik duduk di depan saya dan mengajak saya berbicara. Saya cukup terkejut, karena saya pikir adalah seseorang yang saya kenal. Namun, saya tidak pernah bertemu dengan dia sebelumnya.

‘Halo Ronald, jangan lupa ya nanti malam. Kita kan sudah berjanji untuk makan malam romantis di Restoran Brazil di pusat kota. Dan aku menunggu hadiah kejutan yang kau janjikan untukku’, ujar si gadis.

Masih dengan kondisi bingung saya menjawab, ‘Maaf Mademoiselle, saya sepertinya bukan yang Mademoiselle kira’.

‘Heeeey, kamu jangan mengelak ya. Aku kenal siapa kamu Ronald ! Playboy kampung, tapi aku tetep suka padamu’, terus si gadis sembari menunduk menikmati makanan.

Dalam hati saya mulai berfikir, ‘Nih gadis mabok kali ya’. Lalu, sekali lagi dengan nada agak tinggi saya berujar, ‘Mademoiselle, sepertinya anda salah orang. Saya bukan Ronald. Saya Riza, dan saya bukan orang Perancis’.

Si gadis masih asyik menikmati makanannya sembari menggerutu ‘Jangan becanda Ronald, ini hari kasih sayang, bukan April Mob’.

Muka saya geram dan bingung. Sampai ketika, seorang pria datang menghampiri kami dan berujar ‘Hey, Aurore (nama si gadis), kenapa kamu duduk disini ? Kita kan duduk disebelah sana. Jangan kamu ganggu Monsieur ini’.

Untuk pertama kalinya si Aurore ini menengadahkan kepala, melihat teman prianya, kemudian menengok melihat saya yang tersenyum kernyit, sembari berujar ‘Merdre !!! Maaf Monsieur, saya salah kira. Saya pikir teman saya’.

Dengan mencoba sabar, saya bilang ‘Tidak apa-apa, silahkan bergabung dengan temannya. Selamat berhari kasih sayang bersama Ronald nanti malam‘.

Si Aurore pergi bersama teman pria, yang menurut saya dialah si Ronald yang digadang-gadang. Saya mengerti sekarang, ketika melihat sweater biru yang dikenakan Ronald, sama persis dengan sweater yang saya pakai.

‘Hmm, mabuk kok siang-siang’, ujar saya dalam hati, ‘pakai SKSD lagi, Sok Kenal Sok Dekat’.

Riza-Arief Putranto, 14 Februari 2012.

5 thoughts on “SKSD DI HARI KASIH SAYANG

  1. om tu cewek cantik ga hehehehe… aku tersenyum sim^pul ni saat membaca kalimat om “Playboy kampung, tapi aku tetep suka padamu” hehehehe.. wah jan pagi2 udah disuguhi cerita lucu hehehe

    • “Tiba-tiba seorang gadis cantik duduk di depan saya dan mengajak saya berbicara”. Paragraf 4. Senang jika bisa menghibur hehe🙂

Leave a Reply

