ANEH TAPI NYATA (BAGIAN 2)

Beberapa saat setelah saya posting artikel Aneh Tapi Nyata (Bagian 1), saya menerima beberapa pertanyaan dari kawan-kawan kenapa bisa terjadi. Seperti bagaimana tertulis dalam posting tersebut, bahwa saya sendiri belum memahami kenapa bisa terjadi.

Fakta yang dapat dikumpulkan adalah :

1. Kursi merah tersebut terbuat dari rangka besi, berat 5 kg

2. Hanya dalam waktu 3 menit saja, kursi tersebut bergeser dari posisi semula

3. Kondisi ruangan kerja tertutup dan terkunci

Hipotesis saya waktu itu adalah ada sebuah kekuatan yang dapat menggeser kursi besi seberat 5 kg sejauh beberapa puluh sentimeter hanya dalam 3 menit. Dan, saya berpijak pada hipotesis ini kemudian mencoba mencari jawaban atas fenomena tersebut.

Tujuh hari setelah kejadian tersebut, akhirnya saya menemukan jawaban yang menurut saya cukup logis. Setelah bertanya kepada semua kolega lab, tidak satupun dari mereka bisa menjelaskan. Justru jawaban berasal dari seorang tukang listrik yang kebetulan datang ke ruangan saya untuk memperbaiki pemanas ruangan.

Yap, itu dia ! Pemanas ruangan adalah kuncinya. Dengan sederhana, saya mengajak pembaca kembali ke bangku SMU dengan mengingat kembali prinsip listrik dan magnet. Kelistrikan dan magnet adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Mengingat pengertian listrik adalah bentuk energi yang dapat menghasilkan cahaya, panas dan magnet.

Prinsipnya sama dengan proyek ilmiah masa SMU dulu, bahwa mengikat paku dengan kawat tembaga yang dialiri listrik akan menghasilkan magnet di paku dan akhirnya menarik serpihan besi (artikel & video).

Pemanas ruangan tersebut terdiri dari sebuah besi padat ditengah yang dikelilingi oleh lempeng tembaga dan besi. Pemanas tersebut menggunakan energi listrik untuk menghasilkan panas dan mengaliri lempeng tembawa dan besi. Efek sampingnya adalah magnet yang dihasilkan oleh pemanas. Dengan ukuran pemanas sebesar itu, magnet yang dihasilkan semakin besar. Arah arus yang dihasilkan dari kiri ke kanan, itu sebabnya kursi bergerak dari kiri ke kanan (baca kembali Aneh Tapi Nyata Bagian 1).

Pada umumnya, pemanas elektrik modern sudah dilengkapi dengan insulator untuk menghambat terbentuknya magnet. Hal ini dilakukan untuk mencegah tertariknya benda-benda kecil terbuat dari besi ke pemanas.

Dan akhirnya, penjelasan diatas mendukung hipotesis saya. Jawaban dari “sebuah kekuatan” itu adalah listrik dan magnet. Jadi, tidak ada sesuatu supranatural.

Informasi tambahan :

Artikel web

Video Youtube

Sumber gambar : BlackBerry Camera & larousse.fr

Riza-Arief Putranto, 27 Februari 2012

4 thoughts on “ANEH TAPI NYATA (BAGIAN 2)

  1. All my life saya nggak pernah lihat pemanas menarik kursi di depan mata saya. No Tidak bakal sekuat itu magnetnya….

    • Mungkin benar, mungkin juga tidak. Saya berharap hipotesisnya benar, supaya tidak mengarah ke supranatural. Terima kasih sudah mampir🙂

Leave a Reply

