MAKNA SEBUAH ULANG TAHUN

Apa makna sebuah ulang tahun bagi pembaca semua ? Sebuah perayaan besar ? Makan-makan ? Atau, sebuah refleksi diri kehilangan satu tahun waktu di dunia ? Apapun itu tidak ada yang salah. Izinkan saya berbagi apa yang menurut saya menjadi makna sebuah ulang tahun.

Saya berulang tahun yang ke-30 pada tanggal 12 April kemarin. Istri saya menyebut usia tersebut sebagai “usia KTP” sesuai yang tertera di KTP. Saya tidak perlu menggugah usia saya yang sesungguhnya.

Doa paling berharga bagi saya datang dari istri dan keluarga. Terutama dari istri, saya selalu menandai hari-hari ultah kami sebagai sesuatu yang unik. Kenapa unik ? Mengingat jarak yang memisahkan kami berdua, kami memiliki kebiasaan untuk saling membelikan cake dan menggunakan media Skype dalam berkomunikasi pada malam harinya. Pada tanggal 10 November lalu dia berulang tahun, cake yang saya belikan untuknya dalam perjalanan tanpa sengaja rusak karena orang lain. Sebuah ultah yang memorable dengan cake yang tidak sempurna (red. baca posting Imperfect cake).

Kali ini, pada saat saya berulang tahun, koneksi Internet berlangganan saya di rumah terkena masalah. Saya tidak mendapatkan koneksi sejak 1 hari sebelum ultah, sehingga rencana komunikasi via Skype pun terancam batal. Walaupun dalam kondisi demikian, saya tidak menyerah. Pada malam hari pukul 23h30, saya duduk di luar Résidence dengan koneksi Wifi Public (yang putus sambung) dan diterangi hanya sebuah lampu halogen 5 meter di atas kepala saya, berkomunikasi dengan istri menggunakan media Skype.

Makna pertama dari sebuah ulang tahun bagi saya adalah bahwa keluarga merupakan bagian terpenting dan utama dalam berbagi kebahagiaan, sebelum saya membaginya dengan orang lain.

Sebuah ulang tahun (lagi-lagi) di negeri orang, di tengah segelintir sahabat saja dan tanpa hingar bingar teriakan “makan-makan” seperti ketika masa saya kuliah sarjana dahulu. Bahkan saya sengaja mematikan notifikasi tanggal lahir saya di media sosial Facebook, tanpa bermaksud apa-apa. Saya hanya tidak ingin orang mengucapkan selamat ulang tahun hanya karena menerima notifikasi. Dan benar saja, hanya beberapa kawan dan sahabat saja yang benar-benar ingat hari ulang tahun saya dan menuliskan ucapan indah mereka di wall saya. Beberapa kawan yang tidak memiliki akun Facebook juga mengirimkan ucapan via sms, email juga Twitter.

Makna kedua dari sebuah ulang tahun bagi saya adalah bahwa sahabat sesungguhnya adalah mereka yang menyempatkan diri mengucapkan satu dua patah kalimat atau doa untuk kebaikan sahabat mereka. Dan, ulang tahun menjadi momen dimana saya merasa beruntung dikelilingi sahabat-sahabat yang baik.

cake dari kolega di laboratorium (tersisa 2 pieces) —

Pagi ini, saya tiba di lab dimana saya bekerja seperti biasa. Seorang kolega dari Nikaragua menarik saya ke bawah (ruang istirahat dan kopi) karena sesuatu yang ingin dia bicarakan. Ternyata saya ditunggu semua kolega dalam tim riset dan mereka berteriak “Joyeux anniversaire !”. Sebuah cake manis tersedia di meja beserta kopi dan teh. Kami pun menyempatkan 15 menit waktu kerja untuk sekedar berdiskusi ringan. Saya pun bercerita kepada mereka pengalaman ketika pulang ke tanah air. Sungguh sebuah momen yang menyenangkan.

Makna ketiga dari sebuah ulang tahun bagi saya adalah bahwa hubungan emosional antar kolega dapat diwujudkan dari sebuah momen intim seperti ulang tahun atau perayaan personal lainnya.

Saya berterima kasih atas semua ucapan, doa dari semua pihak. Tanpa kalian ulang tahun saya mungkin akan menjadi sayur tanpa garam. Semua orang yang mengelilingi saya adalah berkah tak ternilai yang harus saya syukuri. Dan, saya berharap di ulang tahun pembaca semua, kebahagiaan yang sama atau bahkan lebih dapat dirasakan.

Gambar diambil dengan menggunakan kamera Blackberry Curve 9300.

Riza-Arief Putranto, 13 April 2012.

7 thoughts on “MAKNA SEBUAH ULANG TAHUN

  1. Pingback: VANDALISME DAN NEGARA MAJU « Chez Putranto

  2. Kenapa orang-orang pinter tanggal lahirnya 12 April? Hohoho, anyway, met ultah Mas Mon. Umur, ga usah diingat, toh tiap tahun ganti. Semoga makin sukses dan berjaya di darat, lautan dan udara (sudah kaya iklan antimo ^^)

    • wew, makasih ucapannya esti. ga semua orang pinter lahir 12 April hehe masih banyak yang jauh lebih pinter. amiin doanya, sukses juga di negeri sana wes wes wes bablas setresnyaaa… :D:D

  3. Pingback: MAKNA SEBUAH ULANG TAHUN 2 | Chez Putranto

Leave a Reply

