PENTINGNYA SEBUAH ADAPTASI

Apakah anda mengenal istilah “adaptasi” ? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi 2011, adaptasi merupakan penyesuaian terhadap lingkungan, keadaan atau kondisi (yang dapat berupa apa saja dalam segala bidang). Dalam termin biologi, adaptasi adalah sebuah cara bagaimana organisme bertahan hidup dari cekaman lingkungan yang diwujudkan dalam morfologi, fisiologi maupun tingkah laku.

Pada posting kali ini, saya tidak akan menekankan pada domain biologi saja, akan tetapi lebih kepada pengertian secara umum. Melihat kondisi lingkungan sekitar (beberapa teman saya yang sedang dirundung masalah, kolega sedang dalam kebuntuan penelitian mereka), saya jadi teringat dengan “adaptasi” ini.

Kenapa ? Karena saya pikir, adaptasi merupakan jawaban dari segala kesulitan dalam kehidupan. Charles Darwin telah menyampaikan ide “Survival of the fittest” dengan jelas. Bahwa semua hal dalam kehidupan ini memerlukan adaptasi untuk mencapai kelangsungan hidup. Keberlanjutan hidup telah menjadi semacam tujuan jangka panjang semua organisme termasuk manusia.

Saya mencoba membawa teori “adaptasi” dalam kehidupan sehari-hari. Mari mengambil contoh sederhana seperti adaptasi melanjutkan studi di luar negeri. Studi di LN tidak selalu seindah bayangan. Berbagai kesulitan mulai administrasi hingga proses KBM dan ujian selalu mendera. Saya sering mendengar sahabat-sahabat seperjuangan bergelut dalam kesulitan itu. Saya sendiri termasuk yang mengalami kesulitan-kesulitan tersebut.

Adaptasi adalah kata kuncinya. Saya beradaptasi tentang bagaimana menghadapi administrasi di negeri orang lain ini. Saya beradaptasi tentang bagaimana metode belajar yang sesuai dengan sistem KBM Universitas negeri ini. Kawan-kawan beradaptasi dengan kesulitan mereka. Adaptasi yang sukses akan membawa kita kepada keberlanjutan, itu yang saya pahami.

Bahkan dalam hal yang lebih kecil, seperti ketika kita berada di sebuah café dan memesan sebuah minuman. Kemudian, sang pelayan mengatakan bahwa pesanan kita habis. Kita kemudian beradaptasi dengan meminta pesanan lain atau beradaptasi dengan berpindah café. Tindakan ini adalah usaha untuk keberlanjutan memenuhi kebutuhan.

Adaptasi merupakan satu-satunya hal yang paling logis yang bisa saya pahami. Adaptasi adalah hal yang mencegah mimpi, cita-cita atau keinginan kita menjadi imajinasi tak terhingga/tak terbendung. Seseorang yang bercita-cita untuk menjadi pemusik seperti saya, beradaptasi menjadi seorang biolog. Sebuah adaptasi yang akhirnya membawa saya pada pribadi yang sekarang ini.

Adaptasi juga merupakan satu hal yang menawarkan kita kebahagiaan yang sebenarnya. Adaptasi membedakan antara keinginan dan kenyataan. Dialah yang berada di tahap setelah pilihan. Ketika kita berkeinginan mempersunting gadis keraton namun ditolak, adaptasi dengan memilih gadis lulusan sarjana biasa ternyata tidaklah buruk, malah terkadang jauh lebih baik.

Bagaimana dengan hari ini, sudahkah kita beradaptasi ?

“Adaptation is not imitation. It means power of resistance and assimilation” – Mahatma Gandhi.

Sumber gambar : http://devkrishnan.files.wordpress.com/2011/04/survival-of-the-fittest.jpg

Riza-Arief Putranto, 25 April 2012.

7 thoughts on “PENTINGNYA SEBUAH ADAPTASI

  1. adaptasiku kemarin adalah bertemu dengan orang-orang hebat. Dan hal ini nemngingatkanku bahwa diatas langit masih ada langit, jadi ga boleh sombong dengan apa yang sudah kuraih..

    Sedangkan adaptasiku hari ini adalah bergaul dengan orang-orang yang menganggap jabatan peneliti itu adalah jabatan yang keren serta yang money orientate dan KUM orientated🙂

    • mantab trias. jabatan peneliti yang money oriented? maksudnya yang menghasilkan banyak uang untuk proyek riset demi kebaikan negeri kan ya. sukses🙂

  2. Pingback: Tahun 2013: Tantangan Perubahan! « wiralink

Leave a Reply

