SOPAN SANTUN

Siapa yang tidak mengenal sopan santun ? Dua kata yang tersusun menjadi satu makna. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata tersebut memiliki makna ‘tata krama, kesusilaan – diperlukan dalam pergaulan di kehidupan bermasyarakat’. Sopan santun tidak jauh dari budi pekerti, malahan berhubungan dekat selayaknya saudara. Menurut saya, agar seseorang dapat bersopan santun, dia harus berbudi pekerti terlebih dahulu. Sehingga logikanya adalah bilamana seseorang kurang memiliki budi pekerti yang baik maka, kurang pulalah sopan santunnya.

Sebagai makhluk sosial dalam bermasyarakat, kita memerlukan sopan santun. Ketika meminta pertolongan, ketika menyapa orang lain, ketika berdialog, bahkan ketika mencintai. Sopan santun merupakan benteng pertama untuk mencegah konflik. Sopan santun merupakan benteng kedua untuk mencegah konflik. Dan, sopan santun merupakan benteng ketiga untuk mencegah konflik. Benteng keempat adalah kata maaf.

Kenapa demikian ? Sopan santun selayaknya sedia payung sebelum hujan, mencegah menyakiti orang dan menggunakan kata ‘maaf’ yang terkadang tidak menyelesaikan masalah. Seperti saat seseorang membawakan kita makanan, meskipun kita tidak menyukai makanan tersebut, namun kita menghargai dengan mengucapkan ‘terima kasih sudah dibawakan’ dan memakannya sedikit. Seperti saat seseorang bertutur sopan dan tidak menyalak ketika berdiskusi dengan orang lain untuk menghindarkan sakit hati. Seperti saat seseorang minta tolong dengan tidak menggunakan kata-kata ‘perintah’ namun ‘mohon’.

Saya mungkin masih awam dalam hidup ini untuk mengajari bagaimana bersopan santun, dimana saya sendiri masih belajar. Namun satu hal yang saya mengerti, sopan santun merupakan cerminan pribadi yang baik. Jika pribadi itu baik, maka baik pula lingkungan sekitarnya.

Sumber gambar : aurorameyer.wordpress.com

Riza-Arief Putranto, 11 Agustus 2012.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s