KENAPA BUTUH GOOGLING

Sebelumnya saya ingin menyatakan bahwa saya tidak secara sengaja sedang melakukan periklanan untuk Google Inc. Pada masa sekarang ini, terdapat banyak media untuk searching dan browsing melalui Internet seperti Google, Bing, Yahoo search dan lain sebagainya. Saya menggunakan istilah googling sebagai terminologi dalam mencari informasi melalui satu dari media yang saya sebutkan.

Saya kira sudah tidak asing lagi, kata googling mampir ditelinga kita semua. Menurut saya, ini adalah aktivitas termudah dan cepat dalam mencari informasi. Sebagai catatan, memang googling hanyalah satu dari beberapa aktivitas untuk memperoleh informasi tentang apa yang ingin kita ketahui. Bertanya kepada orang lain dalam bentuk aktivitas sosial nyata juga satu dari beberapa cara. Ada pula dengan membaca koran atau majalah atau paper ilmiah sebagai metode mencari informasi secara fisik (dalam bentuk kertas dan tercetak).

Bertanya kepada orang memang bagus. Menurut saya, itu juga solusi paling sederhana yang bisa kita lakukan. Sesuai pepatah mengatakan, “Malu bertanya sesat di jalan” dan dalam banyak lelucon mereka menambahkan “Banyak bertanya, memalukan”. Semua kembali kepada pribadi masing-masing yang mampu mengukur banyak sedikitnya pertanyaan kita.

Manusia memang makhluk yang luar biasa unik. Mereka dipenuhi dengan pertanyaan-pertanyaan di dalam kepala untuk mencari jawaban yang mereka cari. Namun, ketika rasa penasaran tersebut harus melibatkan orang lain dengan bertanya, itu menjadi lain cerita. Terkadang konflik dan ketidaknyamanan sosial bisa timbul dari sini. Kontak langsung kepada orang lain memiliki dua sisi mata koin. Di satu sisi, menyenangkan, bersosialisasi sekaligus menjawab pertanyaan di benak kita. Di sisi lain, konflik dapat timbul karena pertanyaan kita kadang membuat lawan bicara tidak nyaman. Lagi-lagi, semua kembali kepada pribadi masing-masing dalam mengukur hal tersebut.

Saya juga memiliki banyak pertanyaan tentang apapun. Namun, saya memiliki prinsip yang selalu diajarkan ayah saya. Never go somewhere, blind folded !. Ya, saya menganalogikan dengan prinsip saya bertanya kepada orang. Saya lakukan google terlebih dahulu sebelum menanyakan suatu hal kepada orang lain. Jika googling tidak berhasil, saya mencari informasi melalui media cetak. Dan, kontak dengan orang lain adalah pilihan terakhir jika saya tidak bisa menemukan apa yang saya cari. Setidaknya ketika bertanya, saya akan mengungkapkan, “Maaf, saya sudah mencoba mencari informasi X melalui cara A, B, C dan tidak berhasil. Mungkin anda bisa membantu saya?”.

Saya lakukan cara diatas karena saya selalu berfikir bahwa, “orang lain itu bukan kotak informasi berjalan, jadi kita harus lakukan usaha dulu baru minta bantuan, bukan sebaliknya”. Namanya juga meminta bantuan, jadi sudah seharusnya kita melakukan 80% usaha, bukan sebaliknya meminta orang lain melakukan 80% usaha. Jika seperti itu, namanya bukan lagi bantuan dan kita seyogyanya menggaji orang tersebut.

Berbeda dengan keadaan 12 tahun yang lalu, dengan kemajuan teknologi informasi seperti ini, hampir sebagian besar informasi terpapar di Internet. Dengan mudah kita bisa melihat, menyimak dan melakukan copy paste  informasi yang kita harapkan. Anda ingin melihat sebuah kota sebelum pergi kesana? Mencari lokasi sebuah tempat dengan mudah diambil dari Google Earth atau Google Maps. Memesan hotel dapat dilakukan sekali dua klik melalui pesanan online.

Seperti teman saya bilang, “when we’re googling, sky is the limit”. Jadi, jangan ragu untuk menggerakkan jari kita dan ketik kata-kata kunci untuk menjawab pertanyaan kita. Happy googling !

Sumber gambar : theonlinestuff.com

Riza-Arief Putranto, 30 September 2012.

3 thoughts on “KENAPA BUTUH GOOGLING

  1. Riza..seperti tulisan-tulisanmu yang lain… selalu inspiratif, hemmm aku suka ungkapanmu “Manusia memang makhluk yang luar biasa unik” dan “Kontak langsung kepada orang lain memiliki dua sisi mata koin”….

  2. Pingback: TENTANG STEREOTIPE | Chez Putranto

Leave a Reply

