PASAR MURAH MOSSON

Yang namanya barang murah sudah pasti diburu orang.

Kalimat tersebut menandai awal dari perjalanan keliling di pasar murah di daerah Mosson, Montpellier. Sejak tiba di kota ini beberapa tahun yang lalu, saya sudah dikenalkan tentang pasar ini oleh sahabat-sahabat pelajar Indonesia disini.

Seperti layaknya di Indonesia, pasar murah ini ramai dikunjungi orang. Suasana pasar yang lebih menyerupai negara timur tengah adalah wajar adanya, dikarenakan sebagian besar pelakonnya adalah orang Prancis keturunan dari negara Afrika utara. Riuh suara orang berjual beli dalam bahasa Arab dan juga Prancis sungguh menjadi hiburan tersendiri. Kita memiliki barang tidak terpakai dan ingin dijual ? Pasar ini adalah tempat yang tepat. Kita ingin membeli barang bekas tapi masih layak pakai ? Disini jugalah tempatnya.

487963_603285186352326_1997315627_n

– Suasana pasar murah di Mosson –

Bagi rekan-rekan pelajar, pasar ini adalah sarana yang menyenangkan untuk jual beli murah. Seorang rekan saya, sebut saja Sumirat, sering menghabiskan akhir pekan di tempat tersebut. Bahkan dia menciptakan istilah sendiri untuk pasar ini, yakni Kampus Terpadu. Wah, kenapa ya ? Baginya, pasar tersebut seolah seperti kampus yang dia datangi secara reguler. Penjualnya dia anggap sebagai dosen. Lalu kenapa terpadu ? Ya karena penjual dan pengunjung bercampur antara orang lokal, pendatang dan pelajar.

Seorang rekan saya yang lain, sebut saja Daratista, secara intensif mengunjungi pasar tersebut di beberapa bulan awal kedatangannya di Montpellier. Selain mencari alat rumah tangga yang murah, dia juga menikmati makanan khas kebab dan juga nem (semacam risoles, berisi sayur dan udang atau daging ayam). Teh hangat dengan daun mint, juga menjadi salah satu minuman wajib. Memang, selepas berjalan keliling pasar yang berluas selayaknya sebuah lapangan sepakbola itu, kita bisa duduk menikmati jajanan ringan seperti saya sebutkan diatas.

525158_603285326352312_1111848581_n

– Para pelajar di Montpellier yang sedang menikmati jajanan pasar –

Pasar ini selalu ada sepanjang tahun dan ramai dikunjungi orang ketika musim semi dan musim panas. Meski demikian, tidak jarang juga saya mengunjungi tempat ini ketika musim dingin. Melihat penjual yang sedemikian berjuangnya dalam mengais rezeki bisa menjadi inspirasi buat kami-kami pelajar yang terkadang galau akan perjuangan di Universitas.

Anda tertarik ? Datang saja ke Montpellier, Prancis selatan. Pasar murah tersebut hadir setiap hari Minggu sepanjang tahun dan terletak di daerah Mosson (tram jalur 1 jurusan Mosson, terminus). Siapa tau kita bisa bertemu.

Riza-Arief Putranto, 28 Mei 2013.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s