TIPS UNTUK MENDAPATKAN STRES SELAMA STUDI DI PRANCIS

Melanjutkan studi ke luar negeri merupakan suatu pencapaian yang luar biasa, apalagi jika mendapatkan beasiswa. Lulus dari sebuah skema pendidikan yang berbeda dengan yang ada di Indonesia merupakan pencapaian yang lebih luar biasa. Terkadang sebagai manusia kita terlalu cepat membayangkan hal-hal menyenangkan dan membanggakan yang bisa kita capai selama belajar di luar negeri. Keberhasilan tidak akan mudah dicapai tanpa perjuangan bukan ?

Banyak blog dan situs menawarkan beberapa tips tentang bagaimana mencapai kesuksesan dari studi di luar negeri. Kali ini, saya ingin memberikan beberapa tips yang mungkin membuat pembaca ragu atau bahkan takut. Namun, rasa ragu atau takut membuat kita waspada bukan ? Dan waspada berarti mempersiapkan diri lebih baik.

Berikut adalah tips paling cepat untuk mendapatkan stres selama studi di Prancis :

1. Jangan belajar bahasa Prancis

Keluhan wajar para punggawa Indonesia saat belajar bahasa Prancis adalah tentang kesulitan pengucapan, kompleksitas grammaire, hingga bentuk konjugasi dari kata kerja yang berubah sesuai subyek dan waktu. Saran saya, kalo begitu tidak perlu belajar.

“Kenapa harus repot-repot belajar bahasa Prancis ? Toh saya masuk sekolah Internasional yang berbahasa pengantar Inggris”. Kalimat tersebut perlu diwaspadai, benarkah? Yang sering terjadi adalah sifat “Internasional” lebih ditujukan karena sekolah/universitas tersebut menerima pelajar asing dan bukan karena berbahasa pengantar Inggris. Intinya, tanyakan dengan benar informasi tersebut jika pembaca mendapatkan tawaran International School dari Prancis.

Untuk program Master, sebagian besar Universitas di Prancis berbahasa pengantar Prancis. Sementara untuk program Doktor, Prancis yang mengadopsi sistem Research-based PhD tidak mewajibkan bahasa Prancis hingga niveau B2 untuk pelajar asing, hanya B1. Terkadang tanpa bahasa Prancis pun tak mengapa. Nah kan ? Kenapa coba harus belajar bahasa Prancis ?

Tapi, kita harus bersiap berhadapan dengan komunitas yang 80% penduduknya tidak bisa atau tidak mau menggunakan bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Yang paling sulit bukan ketika kita berbelanja, namun ketika mengurus administrasi (Titre de Séjour, CAF, logement, etc..). Tertantang ? Silahkan mencoba.

2. Jangan menjadi orang yang gemar mencari informasi

Pepatah “Malu bertanya sesat di jalan, banyak bertanya memalukan” itu memang sahih adanya. Semua informasi tentang apa yang kita perlukan hampir 90% tersedia di Internet, seperti urusan administrasi Prancis, transportasi publik hingga booking hotel atau restoran. Di Indonesia, kita sungguh terbiasa bertanya tentang apa saja. Bahkan nama jalan pun tidak terpampang sehingga harus bertanya kepada bapak-bapak yang duduk di pos ronda. Di Prancis, jangan berharap itu dapat diandalkan.

Repot ya ? Lebih enakan pakai cara Indonesia. Ah mudah saja, kan bisa bertanya kepada rekan-rekan Indonesia yang ada disini. Silahkan, tapi mohon lakukan hati-hati, kebanyakan bertanya, nanti kita diminta menggaji mereka karena memperlakukan mereka selayaknya pusat informasi berjalan.

3. Jangan sering-sering bergaul dengan orang Prancis

Kita datang hanya untuk sekolah, maka tidaklah perlu untuk bergaul dengan orang Prancis. Di rumah saja, supaya selalu homesick. Bergaul dengan orang Prancis itu pusing, karena selain harus menggunakan bahasa Prancis atau bahasa Inggris pas-pas an, kita juga harus selalu datang janjian tepat waktu. Rasanya tidak perlu mengenal budaya mereka dan masuk ke lingkungan sosial. Yang kita lakukan cukup berada di kamar selama mungkin dan sering hang out dengan sesama orang Indonesia. Ini adalah strategi yang mantap karena bahasa Indonesia kita semakin membaik dan kita ucapkan au revoir kepada bahasa Prancis. Strategi ini mendukung  tips no 1.

4. Bertengkarlah dengan sesama orang Indonesia

Tips terakhir ini saya katakan adalah senjata pamungkas. Kita tidak berbahasa prancis, tidak informatif, tidak bergaul dengan orang Prancis dan membuat konflik dengan sesama rekan pelajar di Prancis. Cara terakhir ini merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan stres luar biasa selama menjalani kehidupan bersekolah di Prancis.

Jika pembaca termasuk seseorang yang menyukai tantangan dan stres dapat mengikuti tips-tips diatas. Dari jauh saya mengucapkan “bon courage”.

Sumber gambar : http://presse.david-kyriakidis.be

Riza-Arief Putranto, 5 Juni 2013.

2 thoughts on “TIPS UNTUK MENDAPATKAN STRES SELAMA STUDI DI PRANCIS

    • Makasih udah mampir bro Anto, semangat dan sukses. Jangan sering-sering ikutin tipsnya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s