MAKNA SEBUAH ULANG TAHUN 2

GiftWaktu itu berjalan dengan cepat. Tidak terasa tanggal 10 November sudah kembali berputar sejak tahun lalu. Hari ini, kekasih hati, pujaan hati dan pendamping hidup saya kembali berulang-tahun. Tiga tahun sudah kami merayakan ulang tahun ini tanpa bertemu secara fisik. Tahun ini merupakan episode berkelanjutan dari seri-seri ulang tahun sebelumnya yang pernah saya ungkapkan di posting “Imperfect Cake”, “Makna Sebuah Ulang Tahun”, dan “Perfect Cake”.

Tahun ini, kami tidak merayakannya sebagaimana biasa. Ulang tahun kali ini merupakan peringatan kami atas hidup. Peringatan untuk selalu bersyukur akan apapun hal baik atau buruk yang menimpa kami. Ulang tahun ini juga penanda bahwa akhirnya saya tidak bisa memenuhi doa saya untuk kembali ke Indonesia. Ulang tahun ini juga penanda awal mula yang baru untuk kami berdua.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, saya berkomunikasi dengan istri via Skype untuk sekedar berdialog, ngobrol sana-sini dan becanda dalam rangka ulang tahunnya. Bilamana tahun sebelumnya saya selalu membeli kue “mewah” dan memakannya setelah Skype berakhir, tahun ini saya tidak melakukannya. Saya membeli tiga jenis coklat dan memperlihatkan kepada istri saya, namun saya tidak memakannya. Pagi ini, saya mengetuk kamar apartemen tetangga dan membagi coklat tersebut kepada mereka. Saya juga membaginya dengan anak-anak dari tetangga gedung sebelah.

Sebuah buku karya Mas Irwan Setyawan berjudul “9 Summers 10 Autumns” baru saja saya terima dari paket yang istri saya titipkan kepada seorang sahabat yang kembali ke Montpellier. Mungkin waktu saya meninggalkan Indonesia tidak 10 tahun seperti Mas Irwan dan hanya “6 Winters 7 Summers”. Namun, ini mengingatkan saya bahwa perjalanan dan petualangan saya di Negeri Napoleon harus segera berakhir, paling tidak untuk memenuhi kewajiban saya. Setelah itu baik buruknya Negeri Pertiwi harus saya terjang.

Long Distance Relationship (LDR) yang saya jalani sudah mencapai masa kritis dan harus segera diakhiri. Bersabar sedikit lagi dan sedikit lagi, agar semua yang saya dan istri jalani memiliki makna lebih baik.

Selamat ulang tahun sayang, ingat-ingat kata semua sahabat dan karib kita, semua akan indah pada waktunya. Semua doa kupanjatkan untukmu, bukan pepes kosong belaka namun sebuah ketulusan. Semua nasehatku padamu, bukanlah manis bibir saja, namun sebuah perhatian tak terhingga. Di hari pahlawan ini, engkaulah pahlawan untukku di tengah suka atau duka. Mari terus menjadi pribadi yang zuhud, tidak lupa beribadah dan terus optimis.

 Riza-Arief Putranto, 10 November 2013.

8 thoughts on “MAKNA SEBUAH ULANG TAHUN 2

  1. sejujurnya saya sempat takut untuk akan mengalami hal yang serupa. Tapi, once again Sir. You broke my “terrible imagination”. Not only when build the new relationship, but in “homesick” too. Terima kasih sudah menginspirasi.😀

    • Makasih sudah mampir Sanka, asal dijalani dengan ikhlas, semua akan baik-baik saja. Semoga sukses untuk rencana ke depan. Cheers🙂

Leave a Reply

