PETTY SURPRISE

Lunch box

Siapa yang tidak suka akan kejutan ? Mungkin beberapa diantara rekan-rekan ada yang tidak menyukainya, karena efek kaget yang terkadang membuat kadar adrenalin meningkat di dalam tubuh. Akan tetapi, saya cukup yakin, bahwa sebagian besar orang suka dengan yang namanya kejutan. Terlebih bila kejutan tersebut adalah hal yang menyenangkan. Bahkan terkadang, kejutan yang menyenangkan namun berskala kecil lah, yang lebih memberikan sensasi bahagia. Semacam petty surprise, begitulah saya menyebutnya.

Sebelum istri bergabung dengan saya di kota hujan, saya selalu jajan selama jam makan siang di kantor. Saya sering melihat para bapak yang dibawakan nasi kotak oleh para istri mereka. Saya kemudian berfikir dan menginginkan hal yang sama. Syukurlah bak gayung bersambut, istri dengan senang hati membawakan saya bekal di dalam lunch box pilihannya. Seorang sahabat yang merasa macho mengungkapkan dengan nada becanda pada saya bahwa bekal itu hanya untuk pria cemen. Saya hanya tersenyum simpul. Tidak mengapa jika dianggap pria cemen. Namun, saya cukup yakin, seorang istri yang membuatkan bekal untuk suaminya tidak kalah pusing dengan sang suami yang bekerja di kantor. Bagaimana dia memilihkan menu ? Mengatur bagaimana jika makanannya berkuah dan jangan sampai tumpah ? Membawa makanan dari rumah juga lebih terjamin kebersihannya. Jadi bagi saya, memakan bekal yang dibuatkan orang yang kita sayangi itu bukan cemen. Justru, setiap hari saya dengan lahap memakannya. Kenapa ? Karena petty surprise itu.

Petty surprise yang saya maksud adalah perasaan ketika saya membuka kotak makan tersebut dan mendapati beragam lauk atau sayur yang telah dimasak istri di pagi hari. Mungkin inilah perasaan seorang anak TK atau SD yang membuka bekal yang dibawakan ibu mereka. “Waaah…”, ujarnya sembari berbinar-binar matanya. Saya senang menemukan buah yang telah dipotong-potong dan diselipkan diantara kompartemen tupperware itu. Saya terkejut menemukan nasi yang padat menggunung. Saya heran dengan berlapis-lapis tempe yang diletakkan berjejer dan diberi sambel pedas.

Dalam menjalani rutinitas sehari-hari, terkadang kita sulit untuk menemukan hal-hal kecil yang dapat meningkatkan semangat. Mendapatkan petty surprise dalam keseharian kita, sepertinya dapat meningkatkan semangat dan mengurangi kejemuan. Saya menemukannya di dalam sebuah lunch box, bagaimana dengan anda ?

“There is no surprise more magical than the surprise of being loved.” ― Charles Morgan

Riza-Arief Putranto, 21 Oktober 2014.

4 thoughts on “PETTY SURPRISE

    • Makasih sudah mampir Sanka. Cari petty surprise-mu sendiri, semisal nongkrong di Dunkin Donuts malam-malam?🙂

    • Salut dengan perjuangannya membawa dengan sepeda. Mungkin bisa diakali dengan memisahkan bumbu kacang, sayur dan potongan buah. Sesampai di kampus, bisa menjadi gado-gado. Makasih sudah mampir Aishah🙂

Leave a Reply

