PAST, PRESENT AND THE FUTURE

Setiap mereka yang menjalani kehidupan di dunia ini pasti akan melewati tiga fase waktu, yaitu masa lalu, masa sekarang dan masa depan. Pemahaman tentang waktu tersebut acap kali menyulitkan pemahaman kita akan kehidupan. Seorang mahasiswa sedang berjuang agar dia bisa lulus dari universitas ternama di Eropa. Dia merasa sangat berat dalam menjalani kehidupan sehari-harinya dengan segala tugas kuliah dan kesulitan adaptasinya. Sang mahasiswa sedang menjalani hal tersebut saat ini sehingga disebut masa sekarang. Enam tahun kemudian sang mahasiswa telah menyelesaikan bahkan program doktor, dan duduk pada posisi nyaman di sebuah kantor pengacara di Jakarta. Masa-masa sulit ketika dia menjadi mahasiswa telah menjadi masa lalu. Masa sekarangnya adalah kesibukan sehari-harinya berhadapan dengan klien yang memiliki keinginan beraneka-ragam.

Bagaimana dengan masa depan? . Diantara ketiga fase waktu tersebut, hanya masa depan yang tidak bisa kita ingat. Masa depan belum menjadi memori dan hanyalah angan-angan belaka. Masa depan adalah probabilitas dari rencana-rencana yang kita siapkan di masa lalu dan di masa sekarang. Tidak ada yang menjamin dengan pasti bahwa sang mahasiswa yang kini telah menjadi pengacara handal tersebut akan terus menjadi besar. Jangan-jangan dia sudah tidak menjadi pengacara lagi di masa depan. Itulah sebabnya, karena sifatnya yang berupa probabilitas, usaha atau ikhtiar senantiasa harus kita lakukan untuk mencapai hal baik yang kita harapkan di masa yang akan datang.

Beberapa diantara kita terkadang sering terjebak pada masa lalu. Jika boleh meminjam istilah dari anak muda zaman sekarang, yaitu gagal move on (GMO). Sebagian besar orang tentu setuju bahwa GMO itu tidak menyehatkan karena pikiran kita masih menyenangi hal-hal yang sudah menjadi kenangan atau ingatan, yaitu hal-hal yang sudah tidak nyata kembali. Move on memang bukanlah hal yang mudah dilakukan untuk beberapa orang. Pribadi sendiri mungkin termasuk yang relatif sulit untuk move on terlebih ketika sekarang pribadi kembali lagi ke negeri heksagon (red. Prancis) untuk kembali bekerja pada institusi dimana pribadi melaksanakan studi S3. Untuk yang ini saya kira adalah tipe GMO yang positif.

“Itulah sebabnya, karena sifatnya yang berupa probabilitas, usaha atau ikhtiar senantiasa harus kita lakukan untuk mencapai hal baik yang kita harapkan di masa yang akan datang.”

Saya sudah sejak sepekan ini berada di kota dimana saya “dibesarkan” secara saintifik. Sebuah kota yang sudah saya hafal luar dalam. Sebuah kota dimana matahari tidak pernah terbenam, kata mereka. Masa lalu adalah 6 tahun studi yang telah saya selesaikan kurang lebih setahun silam (red. The Unforgettable Six Years). Saat menikmati kota Montpellier di sore hari, saya acapkali mengingat masa-masa dimana saya masih menjadi mahasiswa. Masa-masa dimana ngafe sore hari masih terhitung sebagai tindakan procrastination. Napak tilas telah saya lakukan minggu lalu, dimana saya berusaha menguatkan diri sendiri dengan mengingat apa yang telah saya lewati. Masa sekarang saya adalah posisi dan pekerjaan yang saya miliki di sebuah institusi nasional di Indonesia. Pekerjaan setiap hari yang menyita waktu, hingga aktivitas-aktivitas dadakan yang terkadang menyibukkan diri. Walaupun demikian, saya menyukai profesi sebagai seorang peneliti.

“Procrastination adalah kebiasaan sistematis untuk menunda pekerjaan – Wikipedia.”

Masa depan saya ? Saya tidak tahu. Yang saya tahu pasti kini saya tidak sendiri karena telah beberapa tahun ini, dikaruniai seorang pendamping hidup. Masa lalu saya adalah milik saya dan hanya saya seorang. Namun masa depan adalah milik kami berdua. Ikrar tersebut membuat masa sekarang saya tidak hanya berpengaruh kepada pribadi namun juga istri. Bersemangat dan terus berusaha untuk masa depan yang lebih baik dimulai dari sekarang.

Sumber gambar : eltgeek.files.wordpress.com

Riza-Arief Putranto, 9 September 2015.

Leave a Reply

