Brest

— Musée de la Marine, Brest —

— Daerah tepian ujung Barat benua Eropa, From Brest to Brest 

Brest adalah sebuah kota di département Finistère di Brittany sebelah barat laut Perancis. Terletak tidak jauh dari sudut barat Peninsula Breton, dan di ujung terbarat dari metropolitan Perancis, kota Brest merupakan pelabuhan penting dan pelabuhan militer kedua terbesar di Perancis setelah Toulon. Kota ini terletak di sudut benua Eropa, yang mana dikenal dalam sebuah ekspresi bahasa “Europe from Brest to Brest“. Penduduk sebanyak 142.722 jiwa dan dikenal dengan sebutan Les Brestois.

Selama abad pertengahan, sejarah dari kota Brest terletak pada kastil-nya, kemudian Richelieu menjadikan kota ini sebagai Pelabuhan Militer. Kota Brest berkembang dan merupakan produsen gudang senjata, hingga pertengahan akhir abad ke-20.

Saat ini kota Brest merupakan kota Universitas yang penting dan memiliki 23.000 mahasiswa. Selain Universitas dengan multidisipliner seperti University of Western Brittany, kota ini juga memiliki beberapa sekolah tinggi prestisius di Perancis seperti École Navale (French Naval Academy), Télécom Bretagne danSuperior National School of Advanced Techniques of Brittany (ENSTA Bretagne, sebelumnya dinamakan ENSIETA).

Situs Tourisme official kota Brest ada disini.

Situs kota Brest ada disini.